Rekor Ciamik Juara Dunia Moto3 2021 Pedro Acosta

Sejumlah catatan mengesankan mengiringi Pedro Acosta dalam perjalanan menuju tangga tertinggi kejuaraan dunia Grand Prix musim ini.

Fakta bahwa Acosta memiliki skill dan talenta luar biasa, jelas semua orang sudah mengetahuinya. Tengok saja bagaimana ketika sang pembalap memenangi Moto3 Doha usai start dari pit lane.

Titel yang direngkuh Acosta juga makin tervalidasi lantaran dia berhasil memenangi duel-duel sengit nan ketat hingga finis. Jerez salah satunya. Tepat di tikungan terakhir, El Tiburon melakukan double-overtake.

Berikut rekor dan statistik kesuksesan Acosta juara dunia Moto3 2021, seperti melansir MotoGP.com:

– Pedro Acosta adalah pembalap pertama yang meraih gelar dalam musim rookie-nya di kelas 125cc/Moto3 sejak Loris Capirossi pada 1990 silam.

Berita Terkait :  Jack Miller Berusaha Perbaiki Strategi Engine Brake

– Berusia 17 tahun 166 hari, Acosta juga menjadi Juara Dunia termuda kedua di balap GP, satu hari di belakang Loris Capirossi (17 tahun dan 165 hari).

– Acosta adalah pembalap Spanyol keenam yang memenangi gelar Moto3 sejak kelas ini mulai diperkenalkan pada 2012, dan rider Spanyol ke-15 berbeda yang meraih titel dalam kategori lightweight (22 dalam balap GP). Selain itu, gelar Acosta adalah yang ke-21 di kelas lightweight  untuk Spanyol dan yang ke-55 di balap Grand Prix.

– Ini adalah kelima kalinya pembalap KTM memenangi gelar dunia Moto3, menambah daftar yang sebelumnya diisi Sandro Cortese (2012), Maverick Viñales (2013), Brad Binder (2016) dan Albert Arenas (2020).

Berita Terkait :  Hasil MotoGP Algarve: Bagnaia Superior, Ducati Juara Konstruktor

– Acosta menjadi pembalap kedua berturut-turut yang meraih gelar di kategori lightweight tanpa pole position, setelah Albert Arenas tahun lalu.

– Di seri Styria, Acosta menang untuk kelima kalinya dalam musim debutnya di Moto3, menjadi rookie pertama yang meraih lima kemenangan di kelas 125cc/Moto3 sejak Alex Criville pada 1989 (dalam perjalanannya meraih gelar).

– Acosta menjadi pembalap pertama yang berdiri di podium pada empat balapan GP pertamanya pada putaran Qatar, Doha, Portugal dan Spanyol.

– Kemudian, di GP Spanyol, Acosta menang untuk ketiga kalinya dalam balapan keempatnya di Moto3. Berusia 16 tahun 342 hari, ia menjadi rider termuda yang meraih tiga kemenangan GP berturut-turut, mengalahkan rekor Marco Melandri (17 tahun 29 hari).

Berita Terkait :  Jaya di Mandalika, Miguel Oliveira Berharap Terus Konsisten

– Acosta telah naik podium delapan kali pada 2021 (termasuk enam kemenangan), dua kali lebih sedikit dari Dennis Foggia. Mereka berdua adalah rider dengan podium terbanyak sepanjang musim.

– Di GP Doha, Acosta menjadi pembalap pertama yang start dari pit lane dan memenangi balapan sejak diperkenalkannya kelas Moto3 pada 2012.

Tak pelak, Acosta telah menjadi sensasi di Moto3 musim ini, dan sang juara dunia memiliki satu lagi balapan yang harus dihadapi sebelum memulai petualangan Moto2 bersama Red Bull KTM Ajo pada 2022.

Selamat, Pedro!

Related posts