MotoGP Akan Gunakan Bahan Bakar Berkelanjutan Mulai 2027

MotoGP telah mengumumkan bakal memperkenalkan bahan bakar berkelanjutan mulai 2024, dengan tujuan kejuaraan dunia menggunakan solusi yang sepenuhnya berkelanjutan mulai musim 2027.

Sebagai bagian dari dorongan menuju masa depan yang lebih hijau untuk ajang balap motor terkemuka di dunia, MotoGP akan bekerja dengan pabrikan untuk mengembangkan bahan bakar berkelanjutan pada dekade ini.

AHABET

Pada 2024, kejuaraan dunia Grand Prix bertujuan agar ketiga kelas – termasuk Moto2 dan Moto3 – menggunakan bahan bakar 40 persen yang berasal dari non-fosil.

Dan pada 2027, ketiga kelas tersebut akan menggunakan bahan bakar yang sepenuhnya berkelanjutan dari 100 persen asal non-fosil.

JAYA POKER
Berita Terkait :  Perbedaan Ducati dan Yamaha menurut Rossi, simak disini

Keenam pabrikan MotoGP akan bekerja sama dengan mitra bahan bakar mereka pada proyek itu, sementara Moto2 dan Moto3 akan terus didukung oleh pemasok tunggal, yang saat ini adalah Petronas.

Bahan bakar akan digunakan dalam mesin pembakaran internal standar, menunjukkan MotoGP tidak memiliki rencana segera untuk beralih ke mesin hybrid.

Bahan bakar berkelanjutan bakal dibuat di laboratorium, menggunakan sumber bahan dari skema penangkapan karbon, yang berasal dari limbah kota atau biomassa non-makanan.

“Saya sangat bangga dengan pengumuman ini, setelah berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun bernegosiasi dengan perusahaan dan produsen bahan bakar, kami telah mencapai kesepakatan,” kata Presiden FIM, Jorge Viegas.

“Ini akan memungkinkan MotoGP menjadi pemimpin dalam revolusi nyata untuk (bahan bakar) berkelanjutan.

Berita Terkait :  Berita MotoGP : Rossi Siap Tampil di Mugello

“Kami ingin benar-benar menunjukkan jalan kepada semua produsen motor bahwa mungkin untuk bersenang-senang yang kita semua sukai tetapi dengan bahan bakar yang berkelanjutan.

“Kami berharap pada 2027 untuk memiliki bahan bakar yang benar-benar bebas karbon di kompetisi kami, memimpin dan menunjukkan bahwa, bahkan jika balapan adalah bagian kecil dari emisi, kami harus menjadi pemimpin dari perubahan ini, menunjukkan jalan.

“Terima kasih kepada semua pemangku kepentingan atas negosiasinya, akhirnya sekarang kami dapat mengumumkan kabar baik.”

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengatakan bahwa sepeda motor adalah aset vital bagi masyarakat, menjadikan kendaraan roda dua sebagai bagian penting dari solusi.

Berita Terkait :  Inilah Komentar Jorge Lorenzo Atas Hasil 2 Latihan Bebas GP Belanda

“Bahan bakar berkelanjutan adalah kunci untuk menciptakan jalan yang dapat dicapai dan layak menuju dunia yang lebih ramah lingkungan, berdampak pada miliaran orang, dan dengan sejumlah produsen bahan bakar yang berbeda berkomitmen untuk upaya ini, menjamin adanya dampak global,” tuturnya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mewujudkan ini.”

MotoGP mengikuti jejak Formula 1 yang mengumumkan awal tahun ini akan beralih ke bahan bakar berkelanjutan mulai 2025, beralih ke era regulasi mesin berikutnya dengan mesin pembakaran internal hybrid.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More