Franco Morbidelli Tak Punya Waktu Cemaskan Ducati

Franco Morbidelli tak peduli dengan kebangkitan Ducati terutama pada paruh kedua MotoGP 2021. Pembalap Yamaha Factory Racing itu memilih fokus pada lutut kiri dan memperbaiki performa.

Setelah mengecap prestasi luar biasa sepanjang 2020, di mana jadi runner-up dengan tiga kemenangan dan dua podium, rider keturunan Italia-Brasil itu mengalami momen fluktuatif musim ini.

YZR-M1 spek lama tak ampuh lagi untuk menaklukkan MotoGP 2021 sebab pabrikan lain berlomba mengembangkan motor kompetitif. Ia hanya mempersembahkan podium ketiga untuk Petronas Yamaha SRT pada Grand Prix Spanyol dan total 40 poin.

Berita Terkait :  Cecchinello Tuntut Nakagami Belajar Atasi Tekanan

Setelah itu, Morbidelli mengalami cedera ligamen anterior lutut kiri yang cukup parah akibat kecelakaan. Ia harus dioperasi dan terpaksa absen dalam lima balapan.

Kisruh antara Yamaha dan Maverick Vinales mendatangkan berkah untuknya. Murid Valentino Rossi itu ditarik ke skuad utama dan diberikan M1 versi pabrikan.

Morbidelli perlu mempelajari segala seluk-beluk motor barunya. Dengan waktu belajar sempit, tidak mengherankan kalau ia selalu finis di luar 10 besar. Kendati demikian, tujuh poin bisa dipersembahkannya untuk Yamaha Factory Racing.

Ia sempat berpartisipasi dalam tes MotoGP di Sirkuit Jerez. Karena masih sering nyeri ketika melaju di trek, libur musim dingin pun dimanfaatkan Morbidelli untuk memulihkan lutut kiri sehingga bisa 100 persen. 

Berita Terkait :  Marc Marquez Kembali Masuk Jalur Juara Dunia MotoGP 2017

Selain motor yang kencang, fisik prima dibutuhkan untuk meredam ketangguhan Ducati. Pada paruh kedua, pabrikan Borgo Panigale itu mengumpulkan empat kemenangan dari enam balapan.

Mereka mengukir sejarah pada MotoGP Valencia, di mana tiga penunggang motor Ducati sapu bersih podium. Yamaha hanya bisa mencuri satu gelar juara dunia pembalap atas nama Fabio Quartararo.

Saat dimintai pendapat seputar lonjakan kinerja Ducati, Morbidelli menjawab, “Ketika Anda berada di belakang, wajar kalau Anda sedikit cemas dan ketika Anda melihat betapa konsisten Ducati, normal jika merasa khawatir.

Berita Terkait :  Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo Tetap Kecar-Kejaran Point

“Apa yang harus dilakukan adalah fokus melihat apa yang dapat kami lakukan untuk meningkatkan performa tahun depan dan kembali ke tempat seharusnya.

“Saya tidak punya waktu untuk mengkhawatirkan Ducati, melainkan melihat apa yang saya perlukan untuk jadi kompetitif dengan memperhatikan kondisi saya.”

Morbidelli terpaksa absen dari ajang tahunan ‘100 Kilometers of the Champions’ yang digelar setiap musim dingin di Ranch milik Valentino Rossi.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More