Ducati Pamer Prototipe Motor Listrik MotoE V21L

Rasa penasaran akan motor listrik Ducati akhirnya terjawab sudah. Prototipe untuk kejuaraan MotoE itu diberi nama V21L.

Pabrikan Borgo Panigale resmi diumumkan menjadi pemasok tunggal MotoE mulai 2023, menggantikan Energica Ego Corsa, pada akhir Oktober lalu.

Tentu akan menarik melihat performa motor listrik Ducati, yang mana selama ini skuad bermarkas di Bologna itu memfokuskan MotoGP dan World Superbike.

V21L adalah hasil kerja bersama Ducati Corse dan para engineer Research & Development Ducati, yang dipimpin oleh Roberto Cane selaku Direktur eMobility Ducati.

Pekan lalu, test rider Ducati sejak 2013, Michele Pirro, telah menguji coba motor listrik itu. Program utamanya, yakni mengevaluasi karakteristik teknis serta potensi V21L .

Berita Terkait :  Vinales Dan Yamaha Tak Tahu Apa Yang Terjadi Dengan Motornya Ketika Balap Di Sirkuit Katalunya, Spanyol

“Menguji prototipe MotoE di sirkuit sangat menyenangkan, karena ini menandai awal dari babak penting dalam sejarah Ducati,” ucap Pirro dalam pernyataan tertulis.

“Motornya ringan dan sudah memiliki keseimbangan yang baik. Selanjutnya, koneksi throttle pada fase pembukaan pertama dan ergonominya sangat mirip dengan motor MotoGP.

“Jika bukan karena keheningan dan fakta dalam tes ini, kami memutuskan untuk membatasi output daya hingga hanya 70 persen dari performa, saya dapat dengan mudah membayangkan bahwa saya mengendarai motor saya.”

Berita Terkait :  Max Biaggi Percaya John McPhee dan Ayumu Sasaki Bisa Kompetitif

Kendati sudah menggelar tes V21L, Ducati tetap menyadari tantangan terpenting dalam pengembangan motor balap listrik adalah soal ukuran, berat, dan jangkauan baterai.

Oleh sebab itulah, Ducati bertujuan membangun motor listrik yang berperforma tinggi dan berkarakteristik ringan untuk tersedia bagi semua partisipan FIM Enel MotoE World Cup.

Ducati menekankan bahwa fokus proyek ini, selain performa yang lebih baik, adalah pengendalian bobot dan konsistensi penyaluran tenaga selama balapan.

“Kami mengalami momen yang benar-benar luar biasa. Saya merasa sulit untuk percaya itu adalah kenyataan dan masih bukan mimpi,” kata Cane.

Berita Terkait :  Valentino Rossi, MotoGP dan Penolakannya terhadap F1

“Ducati listrik pertama di trek merupakan hal luar biasa. Tidak hanya karena keunikannya, tetapi juga menantang, baik untuk tujuan kinerjanya dan untuk rentang waktu yang sangat singkat.

“Justru karena alasan ini, kerja seluruh tim yang didedikasikan untuk proyek ini sangat luar biasa dan hasil hari ini membalas kami atas upaya yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir.

“Memang kami belum tentu selesai. Kami tahu bahwa jalan di depan masih sangat panjang. Tapi sementara itu, kami telah meletakkan ‘bata’ penting pertama.”

Related posts