Meski Wajib Menang, Pelatih Persis Tak Mau Pemainnya Terbebani

Meski Wajib Menang, Pelatih Persis Tak Mau Pemainnya Terbebani

BabatPost.com-Kekalahan 1-2 yang diderita Persiba Balikpapan saat melawan Sriwijaya FC Palembang dan RANS Cilegon FC memang membuat peluang untuk lolos ke babak semifinal tertutup.

Namun, bukan berarti tim berjuluk Beruang Madu itu pasrah saat menjalani partai pemungkas babak delapan besar grup X. Justru Persiba akan menjadikan pertandingan tersebut sebagai momentum untuk menjaga kehormatan. Beruang Madu akan menjalani laga terakhir grup X malam ini di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Read More

Di atas kertas, Persis Solo yang akan menjadi lawan Persiba dalam pertandingan malam ini memang memiliki materi pemain lebih unggul. Tim berjuluk Laskar Samber Nyawa itu dihuni banyak pemain berkelas. Namun, pelatih Persiba Fakhri Husaini meminta pasukannya tidak gentar.

”Saya sampaikan ke para pemain bahwa ini bukan soal pertandingan terakhir. Ini soal harga diri Persiba dan Kota Balikpapan. Kami tidak mau pulang ke Balikpapan tanpa membawa poin sama sekali,” ucap pria 56 tahun tersebut.

Berita Terkait :  Seta Nurdiyantara, Yang Muda Yang Berbahaya

Jika berhasil mengalahkan Persis, Beruang Madu akan memiliki poin yang sama dengan Persis. Yaitu, sama-sama 3 poin. Namun, Persiba tetap tidak akan lolos sekalipun Sriwijaya FC Palembang takluk oleh RANS Cilegon FC. Sebab, Persiba kalah head-to-head dari Laskar Wong Kito, julukan Sriwijaya FC.

Di sisi lain, Persis harus bisa mengalahkan Beruang Madu jika ingin lolos ke babak delapan besar. Saat ini Laskar Samber Nyawa memang berada di posisi kedua grup X.

Namun, perolehan poin Persis sama dengan Sriwijaya FC yang berada di peringkat ketiga. Yakni, sama-sama 3 poin. Artinya, jika Laskar Samber Nyawa tidak mampu mengalahkan Persiba dan Sriwijaya FC mampu mengatasi RANS Cilegon FC, peluang Persis untuk lolos ke babak semifinal tertutup.

Meski wajib menang, pelatih Persis Eko Purdjianto tidak mau para pemainnya terbebani. ”Kemenangan 2-1 atas Sriwijaya FC membuat semangat para pemain sedang meningkat. Saya mau para pemain lebih bekerja keras saat melawan Persiba. Tapi, anak-anak harus bermain rileks,” terangnya.

Berita Terkait :  Supardi dan Gian Zola Tak Lagi Bela Persib Musim Depan

Di laga hidup mati lainnya, Sriwijaya FC harus bisa mengalahkan RANS Cilegon FC dalam pertandingan pemungkas grup X di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, malam nanti jika ingin lolos ke semifinal.

Pelatih Sriwijaya FC Nil Maizar sadar bahwa mengalahkan RANS Cilegon FC saja tidak cukup untuk lolos ke babak semifinal. Laskar Wong Kito juga harus berharap Persis tergelincir saat melawan Persiba Balikpapan pada waktu yang bersamaan. Namun, Nil tidak mau terlalu berfokus pada hasil pertandingan tim lain.

”Kami sudah menyiapkan taktik dan strategi untuk menghadapi RANS Cilegon FC. Kami harus mencari kemenangan,” ucap Nil.

Sementara itu, dua kemenangan yang diraih RANS Cilegon FC membuat satu kaki Asri Akbar dkk menginjak semifinal. Namun, pelatih RANS Cilegon FC Rahmad Darmawan tidak mau timnya lengah. ”Kami belum memikirkan semifinal. Pertandingan besok (malam ini) harus dilalui dulu,” ujarnya.

Berita Terkait :  RD Berpisah dengan RANS Cilegon, Beto Goncalves Tinggalkan Persis

Perkiraan pemain:
Persis (4-3-3): 62-Harlan Suardi (gk); 30-Eky Taufik (C), 15-Fabiano Beltrame, 22-Arif Budiyono, 96-Abduh Lestaluhu; 16-Chrystna Bhagascara, 18-Arapenta Poerba; 6-Ferdinan Sinaga, 9-Alberto Goncalves, 14-Miftahul Hamdi.
Pelatih: Eko Purdjianto

Persiba (4-3-3): 52-Riki Pambudi (gk); 25-Fauzan Jamal, 5-Imam Mahmudi, 6-Irvan Febrianto, 29-M. Fayrushi; 8-Bryan Cesar, 4-Gideon Marshell, 96-Nugroho Fatchur Rochman (c); 27-Indra Setiawan, 7-Freddy Isir, 37-Faldi Tama.
Pelatih: Fakhri Husaini

Kickoff: 21.00 WIB
Venue: Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor

Perkiraan pemain
Sriwijaya FC ( 4-4-2); 52-Rizky Darmawan (g); 39-Akbar Zakaria, 4-Ikhwan Ciptadi, 3-Obet Choiri, 21-Valentino Telaubun; 10-Dedi Hartono, 7-Suandi, 17-Nur Iskandar (c), 99-Ghulam Fatkur Rahman; 78-Radiansyah, 9-Sunawan Rusni.
Pelatih: Nil Maizar

RANS Cilegon FC (4-2-3-1): 96-Kurniawan Kartika Ajie (g); 90-Alfin Tuasalamony, 23-Hamka Hamzah (c), 24-Hamdan Zamzani, 3-Anan Lestaluhu; 6-Asri Akbar, 15-Fadilla Akbar; 22-Rifal Lastori, 30-Tarik El Janaby, 12-Jujun Junaedi; 10-Cristian Gonzales.
Pelatih: Rahmad Darmawan

Kickoff: 21.00 WIB
Venue: Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Related posts