Jakarta (BabatPost.com) –

DPP PDI Perjuangan berkomitmen dalam menjaga lingkungan dan upaya penanganan perubahan iklim di Tanah Air, salah satunya melalui rehabilitasi ekosistem mangrove.

 

“Saat ini, pemerintah konsisten terus mendorong upaya rehabilitasi ekosistem mangrove dengan melibatkan semua pihak. PDIP berkomitmen dalam upaya penanganan perubahan iklim. Partai berharap agenda ini dapat menunjang kepemimpinan Indonesia pada G20 Tahun 2022. Apalagi partai selama ini aktif dengan beberapa agenda penghijauan,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam siaran persnya, di Jakarta, Sabtu.

 

PDIP akan mengadakan penanaman pohon mangrove dan cemara udang di beberapa wilayah di Provinsi Bali dalam rangka HUT Ke-49 PDI Perjuangan yang bertemakan “Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya” pada Minggu (23/1).

 

“Penanaman mangrove dan cemara udang dilaksanakan secara serentak pada Minggu (23/1) di lima lokasi. Fungsionaris partai termasuk yang saat ini menjabat sebagai menteri di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin bersama kader akan ikut secara langsung dalam kegiatan ini. Dari Bali pencanangan akan dilakukan serentak di seluruh Tanah Air,” kata Hasto saat tiba di Bali, Sabtu.

Berita Terkait :  Subsidi Listrik 900Va Turun, Tarif Listrik Turun lagi ?

 

Hasto tiba bersama Ketua DPP PDIP yang juga Menkumham Yasonna Laoly, anggota DPR RI Deddy Yevri Sitorus, dan Wakil Ketua Panitia HUT PDIP Pulung Agustanto.

 

Hasto menerangkan penanaman mangrove akan dilakukan di kawasan Pantai Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Di lokasi ini Hasto akan memimpin langsung agenda bersama Gubernur Bali I Wayan Koster yang akan diikuti anggota DPR RI I Nyoman Parta.

 

Kemudian di Pantai Telaga Waja, Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung akan dipimpin Ketua DPP yang juga Menteri Sosial Tri Rismaharini, anggota DPR RI I Ketut Kariyasa Adyana, dan Kirana Larasati, Wakil Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Bidang Pemuda dan Olah Raga.

 

Sementara di Pantai Tuwed, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, akan dipimpin Ketua DPP PDIP I Made Urip dan anggota DPR RI Agung Rai Wirajaya.

 

Selanjutnya Di Pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, dipimpin anggota DPR RI IGN Kesuma Kelakan.

 

Sementara untuk penanaman

 

Untuk penanaman cemara udang dilaksanakan di Pantai Bukit Muntig Siokan, Mertasari, Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar bersama Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan anggota DPR RI Krisdayanti dan I Wayan Sudirta.

Berita Terkait :  Menurut JK, Gabung dalam TPP Justru Tingkatkan Efisiensi

 

Menurut Hasto, perayaan ulang tahun PDIP dan Ketua Umum DPP PDIP sebagai bentuk kepedulian PDI Perjuangan terhadap alam dan lingkungan terutama melihat banyak sekali manfaat pohon untuk keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup Iainnya.

 

Rencananya bibit mangrove yang akan ditanam berjumlah 21.000 batang. Sementara bibit cemara udang berkisar 500 batang.

 

“Pohon berperan besar menjaga keseimbangan ekosistem di bumi dengan manfaat utama sebagai penghasil oksigen, penyimpan karbon, penghasil kayu sebagai bahan baku bangunan, penghasil buah-buahan, bahan obat dan bahan nabati Iainnya serta sebagai tempat berlindung berbagai spesies binatang,” kata Hasto.

 

Manfaat Iainnya, lanjut dia, sekumpulan pohon dapat mencegah bencana alam, seperti tanah longsor, erosi, banjir, dan membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah serta dapat menyimpan persediaan air tanah agar memiliki persediaan saat musim kemarau tiba, menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai, serta tempat hidup biota laut seperti ikan kecil untuk berlindung, dan mencari makan.

Berita Terkait :  Koalisi Gemuk Jadi Strategi Sejumlah Parpol Untuk Lawan Ahok di Pilgub DKI 2017

 

Dia menambahkan dengan posisi Indonesia yang terletak di “ring of fire” dan kerap terjadi gempa yang diikuti tsunami. “Pohon mangrove sangat penting dalam mengantisipasi tsunami,” ujar Hasto.

 

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menyaksikan kegiatan penanaman Mangrove ini secara virtual.

 

“Rangkaian agenda HUT PDIP dan Hari Lahir Ibu Ketua Umun DPP PDIP memang dipusatkan di Bali. Namun, nantinya akan ada juga agenda di Kantor PDIP dan dari daerah-daerah. Semua rangkaian kegiatan bisa disaksikan melalui akun resmi media sosial PDI Perjuangan,” ujarnya.