Bandung (BabatPost.com) – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara pemakaman prajurit TNI AD Sertu Anumerta Rizal Maulana Arifin (24) yang gugur akibat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua.

Adapun Sertu Rizal merupakan salah satu dari tiga prajurit TNI yang gugur karena kontak senjata. Sertu Rizal dimakamkan dengan upacara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

“Ini dilaksanakan sebagai penghormatan negara dan TNI atas jasa dan dharma bakti kepada almarhum semasa hidupnya,” kata Dudung saat menjadi inspektur upacara pemakaman Sertu Rizal.

Berita Terkait :  Walikota Bekasi Pimpin Shalat Istisqa Di Alun-alun Untuk Meminta Hujan

Jenazah Sertu Rizal tiba di rumah duka yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (28/1) malam setelah diterbangkan dari Papua.

Kemudian jenazah Sertu Rizal diberangkatkan dari rumah duka hingga tiba di TMP Cikutra sekitar pukul 09.30 WIB. Setelah sejumlah prosesi berlalu, jenazah Sertu Rizal dikebumikan sekitar pukul 10.00 WIB.

Dengan gugurnya Sertu Rizal dan juga dua prajurit lainnya, Jenderal Dudung menyampaikan duka cita yang mendalam. Ia berharap gugurnya tiga prajurit TNI itu dapat menjadi suri tauladan bagi prajurit lainnya.

Berita Terkait :  KSP: Pemerintah siapkan PP tentang pertanahan antisipasi spekulan IKN

“Dan kami disamping merasa kehilangan, kami doakan semoga tiga almarhum prajurit terbaik ini diberikan tempat yang layak di sisi Allah,” katanya.

Adapun Jenderal Dudung juga memberikan santunan kepada keluarga Sertu Rizal sebesar Rp50 juta. Selain Dudung, sejumlah pejabat TNI lainnya juga memberikan sejumlah santunan.