Sensasi Ratusan Anak Tangga di Air Terjun Dolo Gunung Wilis Kediri

Lereng Gunung Wilis di Kabupaten Kediri memiliki sejumlah objek wisata yang mampu memacu adrenalin dan menguras energi para traveler. Salah satu yang sedang naik daun adalah Air Terjun Dolo.

SALAH satu simbol dunia pariwisata di Kabupaten Kediri adalah Gunung Kelud. Suguhan keindahan alam khas pegunungan menjadi magnet wisatawan untuk datang ke sana.

Namun, kini ada destinasi unggulan lain yang juga menawarkan sajian wisata bernuansa dataran tinggi. Yakni, Air Terjun Dolo yang terletak di kawasan Gunung Wilis. Tepatnya masuk wilayah Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Objek wisata itu mulai mampu menarik wisatawan. Selain kesegaran dan keindahan khas area pegunungan, aksesnya juga cukup mudah dijangkau. Jaraknya tak begitu jauh dari pusat kota. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Ada dua jalur yang bisa dipilih untuk mencapai air terjun di ketinggian 1.800 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut. Pertama, melalui Jalan Argowilis di Kecamatan Semen. Jalur itu menjadi favorit wisatawan. Sebab, rute yang dilewati relatif landai. Jalannya tak terlalu menanjak. Jalur berikutnya adalah jalanan di wilayah Kecamatan Mojo. Jalannya lebih sempit dan menanjak.

Berita Terkait :  Wajib Kunjungi 5 Spot Diving Di Pulau Karimunjawa

Namun, dua jalur itu sama-sama menawarkan sensasi pemandangan yang menyegarkan mata. Sebab, sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi pemandangan punggung gunung yang penuh pepohonan.

Setelah sampai, para traveler diajak untuk berkeringat dulu menuju Air Terjun Dolo. Sebab, untuk menikmati keindahan air terjun, pengunjung harus turun melalui tangga yang mencapai ratusan. Sepanjang kiri kanan anak tangga, ada pepohonan yang lebat.

Namun, perjuangan para wisatawan langsung terbayar begitu sampai di lokasi. Pemandangan eksotis bakal menjadi sajian utamanya. Air terjun setinggi 125 meter yang sangat jernih akan menggoda hati.

Kasi Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Zainal Arifin menyatakan, Air Terjun Dolo memiliki keunikan tersendiri. ”Airnya sangat jernih dan dingin. Juga dipercaya memiliki khasiat khusus bagi mereka yang datang,” jelasnya.

Yang juga menarik dari destinasi tersebut adalah pola aliran airnya. Air terjun pertama bakal mengenai tebing di bawahnya. Dari tebing itu kemudian muncul air terjun kedua yang lebih pendek. Di bagian bawah, ada kolam air tampungan yang bisa digunakan wisatawan untuk berbasah-basahan.

Berita Terkait :  Wisata Belanja Batik Murah di Solo

”Air itu akan bermuara ke Sungai Brantas, tapi lebih dulu melewati beberapa desa di Kecamatan Mojo,” ungkap laki-laki asal Kecamatan Grogol tersebut.

Kelok Sembilan, Jalur yang Memacu Adrenalin

WAHANA wisata di kawasan kaki Gunung Wilis yang juga menawarkan tantangan kepada para pengunjung adalah Jalur Kelok Sembilan. Lokasinya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Kelok Sembilan ini berada di kawasan Air Terjun Irenggolo dan Dolo. Sesuai dengan namanya, ”maskot” utama di kawasan ini adalah jalannya yang didesain berkelok-kelok.

DIRANCANG KHUSUS: Sama dengan namanya, Jalur Kelok Sembilan memiliki lekukan sebanyak sembilan kali. Jalan itu dirancang satu arah dari atas ke bawah. (Wahyu Adji/Jawa Pos Radar Kediri)

Jalur tersebut memang sengaja dibuat untuk menarik minat pengunjung wisata alam di kawasan Gunung Wilis. ”Jalur Kelok Sembilan sebenarnya adalah sebuah ruas jalan baru yang memanfaatkan kontur tanah yang menurun,” ujar Zaenal Arifin.

Di tanah yang menurun inilah, dibangun jalan aspal yang berkelok sebanyak sembilan kali. Jalan itu kini sudah menjadi salah satu spot yang begitu menarik minat wisatawan yang datang ke sana.

Berita Terkait :  Pantai Ikonik dengan Gugusan Nyiur nan Eksotis di Pantai Kelapa Tuban

Pengunjung disarankan menikmati jalur berkelok tersebut saat hendak pulang dari Air Terjun Dolo maupun Irenggolo. ”Jalur ini memang dirancang dilewati searah, yaitu dari bagian atas,” katanya.

Jalan berkelok itu mampu memacu adrenalin bagi yang melewati. Karena itu, Zainal mengingatkan, hanya mereka yang punya nyali yang disarankan. Selain berkelok, jalan tersebut menurun. Kondisi kendaraan juga harus prima.

Selain dengan menggunakan kendaraan, Kelok Sembilan bisa dinikmati dengan berjalan kaki. Yakni, melewati anak tangga di samping jalan tersebut. Di sebelahnya sudah dibuat taman yang bisa dijadikan wahana berfoto oleh pengunjung. Saat malam tiba, pemandangan Kelok Sembilan kian bagus dengan hiasan lampu.

SEKILAS TENTANG AIR TERJUN DOLO

– Terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

– Berada di kawasan lereng Gunung Wilis.

– Berjarak sekitar 4 kilometer dari Air Terjun Irenggolo.

– Memiliki ketinggian mencapai 125 meter.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More