Wapres optimistis pemberdayaan UMKM akan berhasil baik

Jakarta (BabatPost.com) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin optimistis pengembangan dan pemberdayaan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan berhasil baik melalui kerja sama berbagai pemangku kepentingan.

Read More

“Saya optimistis bahwa pemberdayaan UMKM ini, kalau terus kita bekerja sama, pasti akan berhasil,” kata Wapres saat memimpin Rapat Sosialisasi Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Pemberdayaan UMKM di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, seperti keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wapres (BPMI Setwapres) yang diterima di Jakarta, Senin.

Berita Terkait :  Fadli Zon Sindir Acara Mantu Jokowi, Netizen Balik Serang

Pemerintah telah mengeluarkan berbagai stimulus untuk mengakselerasi pengembangan kewirausahaan nasional, katanya. Sehingga, kerja sama dari berbagai pihak terkait menjadi faktor utama untuk mencapai keberhasilan tersebut.

Kerja sama tersebut, tambahnya, dapat dilihat dari keselarasan program yang telah ditetapkan Pemerintah dengan implementasinya di seluruh pemerintah daerah (pemda). Salah satu program Pemerintah untuk akselerasi pengembangan UMKM itu ialah Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Pemerintah itu memberikan berbagai fasilitas, mendorong; misalnya permodalan, menyediakan KUR yang tiap tahun naik. Sekarang ini sekitar Rp370 triliun,” katanya.

Berita Terkait :  Wapres: ASN berintegritas dukung keberlanjutan ekosistem antikorupsi

Selain itu, Pemerintah juga memberikan stimulus berupa pengurangan pajak dan percepatan perizinan melalui Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS).

“Mulai dari kurasinya, bimbingannya, SDM (sumber daya manusia) supaya menghasilkan yang berkualitas, permodalannya, kemudian juga kemasannya, packaging-nya, kemudian legalisasinya; bahkan sertifikasi halalnya ini dipandu. Jadi ini dari hulu ke hilir,” ujarnya.

Related posts