Cara Mengunduh Aplikasi di Android

Pengguna Android memiliki akses ke banyak toko aplikasi, termasuk Google Play, Amazon Appstore untuk Android, Galaxy Apps (jika Anda memiliki perangkat Samsung), dan serangkaian lainnya—ada yang sah dan ada yang tidak. 

Dalam artikel ini irrawaddymedia akan menjelaskan cara mengunduh aplikasi dengan aman; instruksi berlaku untuk ponsel cerdas dan tablet yang menjalankan Android 7.0 Nougat dan yang lebih baru.

Cara Mengunduh Aplikasi di Google Play

Aplikasi Google Play Store terpasang di semua perangkat Android. Berikut cara mengunduh aplikasi dari toko:

Anda dapat mengunduh aplikasi Google Play dari browser desktop selain ponsel cerdas atau tablet Anda. Google terus menjalankan daftar perangkat yang didukung oleh Play Store.

  1. Buka Google Play Store di ponsel cerdas atau tablet Anda.

  2. Cari aplikasi yang ingin Anda unduh atau pilih kategori, seperti Game atau Film & TV , atau filter lain seperti Pilihan Editor atau Keluarga.

  3. Ketuk daftar aplikasi.

    Ketuk Instal. Saat unduhan selesai, Instal perubahan ke Buka.

Google Play di Desktop

Anda dapat mengelola unduhan aplikasi di desktop untuk ponsel atau tablet Android apa pun yang telah Anda sambungkan ke akun Google Anda. Menggunakan Play Store di desktop Anda nyaman jika Anda menggunakan lebih dari satu perangkat atau mengelola unduhan aplikasi untuk orang lain, seperti anak-anak Anda.

  1. Di browser desktop, navigasikan ke play.google.com

  2. Cari aplikasi yang ingin Anda unduh atau klik KategoriTangga Lagu Terpopuler, atau Rilis Baru untuk menelusuri perpustakaan. 

  3. Setelah Anda menemukan aplikasinya, klik entrinya lalu Instal. Jika Anda memiliki lebih dari satu ponsel Android yang ditautkan ke akun Google Anda, Anda akan melihat daftar ponsel cerdas dan tablet. Pilih perangkat Anda; jika Anda tidak yakin yang mana, ada tanggal “terakhir digunakan” di sebelahnya.

  4. Klik Instal atau Beli dan aplikasi akan muncul di perangkat Anda dalam beberapa menit.

Cara Mengunduh Aplikasi di Amazon Appstore untuk Android

Pengguna Android juga dapat mengakses aplikasi dari toko Amazon, baik di browser web desktop atau aplikasi Amazon AppStore. Aplikasi yang dijual di sini terkadang lebih murah dibandingkan dengan Google Play atau bahkan gratis. Anda juga bisa mendapatkan koin untuk pembelian di masa mendatang. Jika Anda tidak menginstal Amazon AppStore, Anda dapat mengunduhnya, tetapi Anda harus mengaktifkan pengaturan yang disebut Instal aplikasi yang tidak dikenal.

  1. Di ponsel Anda, buka Amazon Appstore.

  2. Cari atau telusuri aplikasi yang Anda inginkan.

  3. Ketuk Dapatkan atau tombol dengan harga untuk aplikasi berbayar.

  4. Kemudian ketuk Unduh di halaman berikutnya.

Berita Terkait :  Nokia 6, Salah Satu Smartphone Paling Kuat

Amazon Appstore untuk Android di Desktop

Jika Anda memiliki Amazon Appstore di ponsel cerdas atau tablet, Anda dapat mengunduh dan membeli aplikasi langsung dari sana. Anda juga dapat mengunduh Amazon Appstore melalui browser seluler Anda dengan mengunjungi Amazon.com atau melalui aplikasi Amazon Shopping. Anda harus mengizinkan aplikasi untuk menginstal aplikasi yang tidak dikenal di pengaturan, seperti yang dijelaskan di atas.

  1. Dari situs web Amazon, klik ikon menu di kiri atas (tiga garis horizontal).

  2. Klik Appstore untuk Android. 

  3. Klik Semua Aplikasi dan Game. (Ada juga opsi untuk mengunduh aplikasi Amazon Appstore.)

  4. Cari atau telusuri aplikasi yang Anda inginkan dan klik daftarnya.

  5. Klik Dapatkan Aplikasi (gratis) atau Beli Sekarang (berbayar).

Aplikasi Samsung Galaxy di Ponsel

Toko Aplikasi Galaxy sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar perangkat Samsung Galaxy. Ini termasuk Aplikasi Eksklusif yang Dibuat untuk Samsung (aplikasi yang dibuat secara eksplisit untuk ponsel Galaxy), Galaxy Essentials (aplikasi Samsung yang dikurasi), dan aplikasi Samsung DeX. Ini juga memiliki toko stiker, stiker langsung, dan font.

Untuk mendapatkan aplikasi dari Samsung, buka Galaxy Apps dan cari atau telusuri aplikasi yang Anda inginkan. Ketuk cantuman aplikasi, lalu Instal.

Google Play Protect

Salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan sebelum mengunduh aplikasi apa pun di Android adalah keamanan. Seperti komputer, ponsel cerdas yang terinfeksi dapat menyebabkan masalah kinerja dan pelanggaran privasi dan bahkan menyebabkan Anda kehilangan data.

Berita Terkait :  5 Smartphone Samsung Galaxy Terbaik dan Terbaru Dengan Harga Dibawah 2 Juta 2017

Menanggapi beberapa insiden keamanan tingkat tinggi, yang mencakup aplikasi berbahaya di Play Store, Google meluncurkan Play Protect, yang secara teratur memindai perangkat Anda dari malware. Secara default, pengaturan ini aktif, tetapi Anda juga dapat menjalankan pemindaian manual jika diinginkan.

  1. Buka Pengaturan > Keamanan > Google Play Protect.

  2. Ketuk Pindai.

  3. Di sini, Anda juga dapat melihat aplikasi yang baru diperiksa dan waktu pemindaian terakhir.

Google Play Protect juga memeriksa aplikasi di Play Store sebelum Anda mengunduhnya.

Mengunduh Aplikasi Dari Sumber Tidak Dikenal

Jika Anda mencoba mengunduh aplikasi dari tempat lain selain Google Play menggunakan browser seluler atau aplikasi lain, Anda akan mendapatkan peringatan bahwa perangkat Anda tidak mengizinkan pemasangan aplikasi yang tidak dikenal dari sumber ini.

  1. Buka Pengaturan.

  2. Ketuk Aplikasi & notifikasi > Lanjutan > Akses aplikasi khusus.

  3. Ketuk Instal aplikasi yang tidak dikenal.

  4. Anda akan melihat daftar aplikasi yang dapat mengunduh aplikasi, seperti Chrome dan browser seluler lainnya. Ketuk aplikasi apa pun yang Anda gunakan untuk mengunduh aplikasi dan aktifkan Izinkan dari sumber ini.

Related posts