5 Cara Mengubah Ukuran Ikon Desktop di Windows 11

Ada beberapa cara untuk mengubah ukuran ikon desktop dengan cepat dan mudah untuk Windows 11 agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ikon desktop menyediakan pintasan mudah ke perangkat lunak, folder, dan file. Ikon-ikon tersebut berukuran sedang secara default di Windows 11. Namun, ada berbagai cara Anda dapat membuat ikon desktop lebih kecil atau lebih besar tergantung pada preferensi.

Berikut adalah lima cara Anda dapat mengubah ukuran ikon desktop di Windows 11 agar sesuai dengan preferensi Anda.

1. Cara Mengubah Ukuran Ikon melalui Menu Konteks

Menu konteks desktop mencakup tiga opsi ukuran untuk mengubah ukuran ikon desktop. Memang, tiga opsi tidak menawarkan banyak ruang untuk mengubah ukuran ikon. Namun demikian, Anda dapat mengubah ukuran ikon melalui menu konteks desktop sebagai berikut:

  1. Klik di mana saja di desktop dengan tombol kanan mouse Anda untuk membuka menu konteks.
  2. Pilih submenu Lihat pada menu konteks.
  3. Kemudian pilih opsi Ikon besar atau Ikon kecil untuk mengubah dari ukuran sedang.

Anda juga dapat melihat beberapa opsi tampilan lain pada submenu menu konteks saat Anda melakukannya. Memilih opsi Atur otomatis di sana akan mengaturnya sedikit lebih baik. Opsi Align to grid di sana menyelaraskan ikon di desktop Anda dengan grid yang tidak terlihat.

Selain itu, menu konteks Windows 11 memiliki submenu Urutkan berdasarkan yang menyertakan opsi ikon tambahan. Di sana Anda dapat memilih untuk mengurutkan ikon di desktop menurut nama, tanggal, ukuran, dan jenis item.

Berita Terkait :  Wow, Notebook akan Dibuat Lebih Ramah Lingkungan

2. Bagaimana Mengubah Ukuran Ikon dengan Hotkeys

Saat mengubah ukuran ikon dengan opsi menu konteks, Anda mungkin akan melihat bahwa pengaturan tersebut juga memiliki tombol pintas. Anda dapat menekan pintasan keyboard tersebut untuk mengubah ukuran ikon desktop. Ini adalah tiga tombol pintas untuk mengubah ukuran ikon:

  • Ctrl + Shift + 2 : Ubah ke ikon kecil
  • Ctrl + Shift + 3 : Ubah ke ikon sedang
  • Ctrl + Shift + 4 : Ubah ke ikon besar

Silakan dan tekan salah satu kombinasi tombol tersebut untuk memperluas atau mengurangi ikon desktop Anda. Anda harus menekan tombol nomor baris (bukan tombol angka) agar tombol pintas tersebut berfungsi. Ada juga tombol pintas Ctrl + Shift + 1 untuk opsi ikon ekstra besar yang tidak termasuk dalam menu konteks.

3. Cara Mengubah Ukuran Ikon Dengan Roda Gulir Mouse

Mengubah ukuran ikon desktop dengan metode di atas membatasi Anda pada tiga atau empat opsi ukuran. Jika Anda ingin sedikit lebih fleksibel mengubah ukuran, coba ubah ukuran ikon dengan roda gulir mouse Anda (dengan asumsi ada satu). Anda dapat memperluas atau mengecilkan ikon di desktop dengan memutar roda gulir itu ke atas atau ke bawah.

Untuk mengubah ukuran ikon dengan roda gulir, pilih semua ikon di desktop Anda dengan mouse. Tekan dan tahan tombol Ctrl . Kemudian gulung roda gulir ke atas untuk memperbesar ukuran ikon. Gulung roda gulir ke bawah untuk membuat ikon lebih kecil.

4. Cara Mengubah Ukuran Ikon dengan Memilih Resolusi Tampilan yang Berbeda

Resolusi adalah jumlah piksel yang dikonfigurasikan monitor PC Anda untuk ditampilkan. Ikon lebih kecil pada resolusi yang lebih tinggi. Dengan demikian, mengurangi pengaturan resolusi akan meningkatkan ukuran ikon di desktop Anda. Ini adalah bagaimana Anda dapat memilih resolusi tampilan yang berbeda untuk mengubah ukuran ikon desktop Anda di Windows 11:

  1. Klik Mulai di bilah tugas Windows 11 Anda. Kemudian pilih aplikasi Pengaturan yang disematkan dari menu Mulai Anda.
  2. Selanjutnya, pilih Tampilan pada tab Sistem Pengaturan .
  3. Klik menu tarik-turun Resolusi layar untuk memilih pengaturan resolusi lebih rendah atau lebih tinggi di sana.
  4. Pilih opsi Simpan perubahan pada prompt yang muncul.
Berita Terkait :  Apple 1 bakal dilelang Rp 10miliar

Perhatikan bahwa menurunkan resolusi tampilan akan mengurangi kualitas gambar. Monitor Anda mungkin akan diatur pada pengaturan resolusi tertinggi secara default. Namun, jika tidak, Anda dapat membuat ikon lebih kecil dengan memilih opsi beresolusi lebih tinggi di sana.

5. Cara Mengubah Ukuran Ikon dengan Mengedit Registry

Metode terakhir ini melibatkan penyelidikan ke dalam registri. Registri Windows 11 menyertakan DWORD IconSize yang dapat Anda edit nilainya untuk mengubah ukuran ikon desktop. Anda dapat mengubah ukuran ikon dengan mengedit registri seperti ini:

  1. Pertama, buka kotak teks “Ketik di sini untuk mencari” dengan mengeklik tombol bilah tugas kaca pembesar.
  2. Ketik Registry Editor di dalam kotak teks utilitas pencarian untuk menemukan aplikasi itu.
  3. Klik dua kali Peninjau Suntingan Registri untuk membuka jendelanya.
  4. Selanjutnya, buka kunci HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Shell\Bags\1\Desktop dengan memasukkan jalur tersebut dalam bilah alamat di bagian atas Editor Registri. Atau Anda dapat mengklik kunci untuk lokasi registri itu di dalam bilah navigasi.
  5. Klik dua kali DWORD IconSize untuk membuka jendela nilai untuknya.
  6. Pilih tombol radio Desimal.
  7. Masukkan angka yang lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai saat ini di kotak teks. Nilai 256 akan menjadi ekstra besar, jadi Anda tidak perlu memasukkan angka yang jauh lebih tinggi dari itu.
  8. Tekan tombol OK , dan tutup jendela Registry Editor.
Berita Terkait :  Mac Generasi Baru Telah Diumumkan di WWDC 2017

Agar perubahan diterapkan, Anda harus memulai ulang Windows atau File Explorer. Untuk memulai ulang yang terakhir, klik kanan bilah tugas Anda dan pilih Pengelola Tugas . Gulir ke bawah tab Proses sampai Anda melihat Windows Explorer. Klik kanan Windows Explorer untuk memilih Restart .

Kemudian ikon di desktop Anda akan lebih besar atau lebih kecil dari sebelumnya tergantung pada nilai yang Anda masukkan. Anda dapat mengembalikannya ke ukuran sedang default dengan metode menu konteks yang diuraikan dalam metode pertama. Atau, Anda dapat kembali ke kunci registri Desktop untuk menyesuaikan nilai DWORD IconSize -nya lagi.

Metode registri ini lebih fleksibel daripada mengubah ukuran ikon dengan opsi menu konteks atau pintasan keyboard. Anda dapat memasukkan nilai tertentu untuk mengubah ukuran ikon melalui registri. Dengan demikian, Anda tidak dibatasi untuk memilih salah satu dari tiga atau empat pilihan ukuran.

Sesuaikan Desktop dengan Mengubah Ukuran Ikon

Mengubah ukuran ikon adalah cara lain Anda dapat menyesuaikan desktop Windows 11. Anda dapat menyesuaikan seberapa besar atau kecil ikon dengan salah satu metode di atas. Namun, metode ketiga dan kelima adalah yang paling fleksibel untuk mengubah ukuran ikon di desktop Anda.

Jadi, apakah Anda ingin ikon yang lebih besar atau lebih kecil di desktop Anda? Ikon yang lebih kecil memakan lebih sedikit ruang di desktop, yang lebih baik jika Anda memiliki banyak. Namun, ikon desktop yang lebih besar lebih jelas dan mungkin lebih disukai untuk pengguna dengan laptop layar sentuh Windows 11. Pilihannya, seperti yang mereka katakan, ada di tangan Anda. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa mengunjungi https://efyei.com.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More