Jenis Marmer dan Tips Memilih yang Tepat

Jenis Marmer dan Tips Memilih yang Tepat, Marmer miliki banyak corak dan warna, simak 10 model marmer dan tips menentukan yang pas untuk ringan temukan yang paling pas dengan selera dan keperluan Anda.

Foto Utama marmer
UmmiGroup – Marmer jadi salah satu bahan bangunan yang digemari masyarakat untuk hunian, baik untuk eksterior maupun interior bangunan. Marmer adalah batuan gamping yang miliki kandungan kalsium karbonat tinggi. Selama ribuan tahun, material ini mengalami tekanan dan panas agar terbentuklah marmer.
Kalsit atau kalsium karbonat sebabkan rongga pada marmer dan tambah banyak rongganya akan tambah menyusut kemampuan marmer. Simak ulasan lengkap tentang 10 model marmer, tips menentukan marmer, dan harga marmer terkini selanjutnya ini Jasa Pasang Poles.

Pengertian Marmer
Sifat marmer yang kuat, berat, kokoh, tahan api, dan tak ringan tergores menjadikannya tahan lama. Inilah yang sebabkan material ini kerap jadi simbol kemewahan serta digunakan di istana dan kuil pemujaan dewa pada zaman dahulu. Bangsa Yunani dan Roma umumnya menggunakan marmer untuk sebabkan patung dan menjadikan marmer sebagai bahan bangunan. Marmer juga jadi jejak peradaban, tradisi, dan budaya. Dilansir berasal dari web site UNESCO, Taj Mahal di India merupakan salah satu bangunan yang seutuhnya terbuat berasal dari marmer.

Pada bangunan, marmer dapat digunakan untuk lantai, tiang, pelapis dinding, dan tangga. Namun, marmer juga pas untuk digunakan sebagai perabot layaknya meja, bak mandi, dan wastafel karena marmer ringan dibentuk dan dipotong.
Asal terbentuknya marmer

Marmer merupakan batuan yang mempunya pola atau corak dan juga di dalam model batuan hasil metamorfosa berasal dari batu kapur atau gamping. Proses rekristalisasi pada batu gamping sebabkan susunan asal lenyap dan terbentu tekstur baru. Meski demikian, tidak semua batu gamping selalu jadi marmer.

Berita Terkait :  Kronologi Tewasnya Taruna STIP Yang Dianiaya Oleh Sang Senior

Corak yang unik ini, berhasil sebabkan marmer tampak memukau dan digunakan untuk hiasi lantai dan dinding di beraneka sudut bangunan. Meski demikian, marmer yang hiasi tempat tinggal Anda sebenarnya telah melewati sistem pengolahan yang panjang berasal dari asalnya. Sebelum terbentuk, batu selanjutnya melewati pemotongan, pemolesan agar tambah mengilap.
10 Jenis Marmer

Indonesia merupakan salah satu penghasil beraneka model marmer. Turki, India, Spanyol, Yunani, Tiongkok, dan Italia juga tenar sebagai penghasil dan pengekspor marmer terbaik. Beda daerah asal batu dapat sebabkan perbedaan sistem terbentuk dan kemurniannya agar pada selanjutnya memengaruhi karakter, kekuatan, warna, dan motif marmer. Berikut ini beberapa model marmer yang terkenal. Yuk, cari paham mana yang paling pas dengan keperluan Anda.

1. Marmer Travertine
Marmer travertine miliki penampilan khas bersifat guratan serta lubang-lubang alami dan warnanya beragam menjadi berasal dari cokelat, abu-bau, sampai biru. Lubang-lubang itu dapat dibiarkan terbuka agar terkesan natural, namun dapat juga ditutupi resin atau polimer transparan, selanjutnya dipoles agar mengilap. Travertine biasa digunakan untuk interior bangunan.

2. Marmer Statuario
Marmer berwarna putih dengan gurat hitam ini ditambang berasal dari perbukitan yang tertutup salju dan umumnya impor berasal dari Tiongkok. Marmer model ini miliki harga yang tinggi. Termasuk model marmer yang mengilap dan menambahkan kesan lebih dingin, marmer statuario sesuai untuk digunakan sebagai lantai di daerah tropis.

Berita Terkait :  Romo Benny: Penguatan toleransi dan moderasi beragama prioritas 2022

3. Marmer Onyx
Disebut demikian karena marmer ini miliki penampilan layaknya batu onyx yang berlapis-lapis dan seakan-akan tampak transparan.

4. Marmer Kristalin
Di Indonesia, lokasi Lampung dan Poso merupakan penghasil marmer kristalin yang terkenal. Marmer Lampung miliki dasar abu-abu mengilap, urat putih atau abu-abu kehitaman, permukaannya halus, tanpa lubang, transparan, dan keras.

5. Marmer Carrara
Marmer carrara umumnya berwarna abu-abu, biru keabu-abuan, atau putih dengan gurat yang halus dan tipis. Marmer ini kerap digunakan untuk sebabkan patung atau dekorasi bangunan karena harganya terjangkau dan ringan ditemukan di pasaran. Marmer carrara yang berwarna putih menambahkan kesan bersih agar sesuai untuk digunakan di kamar mandi.

6. Marmer Calacatta atau Calcutta
Marmer calacatta dianggap sebagai marmer yang paling mewah karena langka. Cirinya berwarna putih dan miliki gurat urat yang gelap dan dalam. Marmer model ini juga miliki variasi antara lain gurat warna keemasan, abu-abu, campuran abu-abu dan keemasan, dan abu-abu dengan variasi warna perak. Jika Anda miliki bujet lebih banyak, marmer ini sesuai digunakan di area kerja atau area istimewa untuk menonjolkan kesan elegan.

7. Marmer Emperador
Marmer emperador merupakan marmer yang berasal berasal dari Spanyol dengan ciri khas variasi warna cokelat muda sampai cokelat tua. Marmer berwarna cokelat tua akan keluar selaras berpadan dengan furnitur warna keemasan.

8 . Marmer Crema Marfil
Marmer crema marfil juga berasal berasal dari Spanyol dan miliki ciri khas nuansa warna cokelat muda atau krem dengan guratan yang bervariasi. Marmer ini sesuai digunakan untuk lantai, susunan dinding, dan hiasan mozaik. Jenis marmer ini juga disukai karena ringan dikombinasikan dengan batu alam lainnya.

Berita Terkait :  Aksi Pendorong Kursi Roda Jemaah Haji Ilegal Ini Kerap Meresahkan Jemaah

9. Marmer Hitam
Ada dua pilihan marmer hitam yang paling tenar di dunia, yaitu marmer levadia black dan marmer nero marquina. Marmer levadia black berasal berasal dari Yunani dan sesuai dengan namanya, marmer ini berwarna hitam dengan gurat abu-abu dan putih. Ada juga yang menyebutnya marmer titanium black. Sementara itu, nero marquina berasal berasal dari Spanyol dan miliki guratan putih yang kontras.
Marmer berwarna gelap sesuai untuk Anda yang menyukai desain kontemporer, namun juga pas untuk digunakan di kamar mandi dan lantai untuk menambahkan kesan mewah.

10. Marmer Buatan
Untuk memenuhi permintaan pasar, diproduksilah marmer buatan. Proses pembuatannya berasal dari aklirik dan tentu saja tidak perlu sementara pembuatan sampai ribuan tahun layaknya marmer asli. Marmer buatan ini umumnya disebut sebagai solid surface dan potongannya lebih kecil serta tipis dibandingkan marmer asli. Coraknya juga cenderung seragam karena buatan mesin atau manusia. Dari segi kekuatan, marmer asli lebih kuat dibandingkan marmer buatan. Namun, marmer buatan dipasarkan dengan harga yang lebih murah, ringan didapat, dan tidak menyerap cairan. Warnanya juga dapat dibuat sama layaknya marmer asli.
Sementara itu, berasal dari segi finishing juga ada beberapa model marmer, yaitu flamed finish, rough cut finish, polishe finish, honed finish, dan acid washed finish. Setiap pilihan finishing ini tergantung pada sifat batu marmer aslinya dan layaknya apa hasil yang diinginkan, kalau mengilap atau tidak mengilap, atau justru miliki permukaan kasar yang unik.

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More