Jose Antonio Rueda Gantikan Alberto Surra di Moto3 Prancis

Alberto Surra kembali absen di Moto3 Prancis, akhir pekan ini. Rivacold Snipers Team pun menunjuk Jose Antonio Rueda sebagai penggantinya di Le Mans.

Untuk kali keempat secara beruntun, Snipers Team tidak mampu menurunkan Alberto Surra di Kejuaraan Dunia Moto3. Surra mengalami kecelakaan hebat pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) GP Amerika, putaran ketiga Moto3 2022 pada 8-10 April lalu.

Akibat kecelakaan tersebut, pembalap Italia itu mengalami retak tulang scaphoid (salah satu tulang di pergelangan tangan) tangan kanan. Ujungnya, Surra tidak bisa start di Moto3 Amerika.

Karena belum pulih, Surra kembali tidak bisa turun di dua balapan berikutnya, GP Portugal dan GP Spanyol. Saat itu, posisinya digantikan pembalap Malaysia, Syarifuddin Azman.

Berita Terkait :  Yamaha Siap Hadapi Tantangan MotoGP 2022

Surra kembali absen di GP Prancis, akhir pekan ini (13-15/5/2022). Snipers Team pun menunjuk Jose Antonio Rueda untuk menggantikan Surra, mendampingi Andrea Migno.  

Kondisi Surra sejatinya sudah terlihat membaik. Namun, untuk benar-benar pulih ternyata memerlukan waktu lebih panjang daripada perkiraan. Surra diperkirakan baru mampu turun pada balapan kandangnya di Mugello, Moto3 Italia, dua pekan ke depan.

“Saya sedih sekaligus kecewa karena belum bisa kembali turun. Saya benar-benar ingin kembali berlomba. Tetapi, yang terpenting fase rehabilitasi bisa benar-benar lengkap,” kata Surra, seperti dikutip dari pernyataan resmi Snipers Team.

Berita Terkait :  MotoGP Amerika Menguras Fisik Remy Gardner

“Untuk balapan berikutnya, saya harus 1000% siap karena balapan akan berlangsung di Mugello. Itu akan menjadi balapan kandang saya.”

Di sisi lain, pengganti Alberto Surra di Le Mans nanti juga bukan pembalap sembarangan. Pembalap kelahiran Seville, Spanyol, 29 Oktober 2005 (16 tahun) tersebut saat ini memimpin klasemen Red Bull Rookies Cup.

Dari empat race, Rueda selalu mampu finis di podium. Termasuk kemenangan pada Race 1 masing-masing di Algarve (Portugal) dan Jerez (Spanyol.

Jose Rueda yang kini membela Team Estrella Galicia 0,0 juga turun di FIM JuniorGP dan berada di peringkat kedua klasemen setelah finis di podium kedua pada balapan perdana di Estoril, Portugal.

Berita Terkait :  Dunlop Biang Kerok Keterpurukan Marcel Schrotter di Moto2

Bagi Jose Rueda, GP Prancis nanti bukan kali pertama ia turun di Kejuaraan Dunia Moto3. Ia melakukan debutnya di Valencia pada 2021 lalu bersama Gresini Racing. Sirkuit Bugatti, Le Mans, sendiri merupakan trek baru bagi Rueda.

“Tahun yang luar biasa. Kesempatan-kesempatan ini sangat penting. Saya berharap mampu tampil baik,” tutur Rueda.

“Tetapi yang terpenting adalah saya bisa belajar dan menilai sejauh mana performa saya di antara para pembalap di Kejuaraan Dunia Moto3. Terima kasih untuk Snipers Team atas kesempatan yang diberikan kepada saya ini.”

Related posts