Hasil FP2 MotoGP Prancis: Rekor Lap, Enea Bastianini Kuasai Sesi Jumat

Enea Bastianini menjadi tercepat pada latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti, Le Mans, untuk menguasai seluruh sesi pada Jumat (13/5/2022).

Dari total 16 lap yang dibuatnya pada FP2, Enea Bastianini (Team Gresini Racing MotoGP) mencatat waktu lap terbaiknya dengan 1 menit 31,148 detik untuk satu putaran trek sepanjang 4,2 km tersebut.

Catatan tersebut sekaligus menjadi rekor lap baru kelas MotoGP di Sirkuit Bugatti, Le Mans. Bastianini memperbaiki torehan Johann Zarco, yakni 1 menit 31,185 detik yang dibuat di GP Prancis 2018 saat masih memperkuat Monster Yamaha Tech3.

Zarco, yang kini membela Pramac Racing, hanya menempati posisi keempat pada FP2 MotoGP Prancis 2022 dengan gap 0,360 detik dari Bastianini. Di atas Zarco ada Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dan Alex Rins (Team Suzuki Ecstar).

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) menggenapi posisi lima besar FP2 setelah tertinggal 0,487 detik. Sementara, juara dunia yang juga jagoan tuan rumah Prancis – sama seperti Zarco – Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP), harus puas finis P6.

Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing), Joan Mir (Team Suzuki Ecstar), Jorge Martin (Pramac Racing), dan Jack Miller (Ducati Lenovo Team) menggenapi 10 besar FP2.

Berita Terkait :  Pramac Tunjuk Xavi Fores Jadi Pelatih Martin dan Zarco

Untuk waktu kombinasi, Bastianini tetap menjadi pembalap tercepat dengan waktu yang dibuatnya di FP2. Demikian pula Aleix Espargaro dan Alex Rins.

P1 sampai P8 waktu kombinasi sama dengan posisi di FP2. Namun di waktu kombinasi, Pol Espargaro (Repsol Honda), menempati P9 berkat waktu tercepatnya pada FP1. Martin menggenapi10 besar waktu kombinasi. Miller yang berada di P10 FP2, harus puas finis P14 waktu kombinasi.

Sejumlah insiden juga mewarnai FP2. Pada awal sesi, Joan Mir terjatuh di Tikungan 7. Beruntung, kecelakaan yang terbilang aneh tersebut tak membuat juara dunia MotoGP 2020 itu cedera.

Kecelakaan berikutnya dialami Jack Miller sekira separuh sesi FP2 berlangsung. Pembalap asal Australia itu kehilangan kontrol Ducati Desmosedici GP22 geberannya di Tikungan 11.

Beberapa menit sebelumnya, pembalap tuan rumah Johann Zarco, juga sempat keluar lintasan dan masuk gravel. Namun, ia masih mampu melanjutkan sesi.

Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP) menjadi pembalap ketiga yang mengalami insiden di FP2. Berikutnya, Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing MotoGP) juga terjattuh di Tikungan 7, area yang sama dengan insiden Mir pada awal sesi.

Berita Terkait :  Pit Beirer Ibaratkan Raul Fernandez Berlian yang Belum Diasah

Sekira tiga menit menjelang FP2 tuntas, rekan setim Bezzecchi, Luca Marini, mengalami lowside di Tikungan 3-4. Meskipun begitu, adik legenda MotoGP Valentino Rossi itu juga tidak mengalami cedera.

Bastianini Sulit ke Atas pada Sepanjang Sesi  

Sekira 10 menit sesi FP2 berlangsung, Alex Rins langsung melesat ke P1. Tetapi, Fabio Quartararo langsung menjawab tantangan pembalap Spanyol tersebut dengan lebih cepat sekira 0,2 detik untuk merebut posisi pertama.

Aleix Espargaro yang menempel di posisi ketiga kemudian melesat ke posisi kedua. Tetapi, sang adik, Pol Espargaro, berhasil merangsek ke peringkat kedya dengan gap hanya sekira 0,08 detik dari El Diablo, julukan Quartararo.

Sekira 10 menit sesi berlangsung, posisi 10 besar masing-masing ditempati: Quartararo, Pol Espargaro, Rins, Aleix Espargaro, Jack Miller, Brad Binder, Marc Marquez, Fabio Di Giannantonio, Jorge Martin, dan Francesco Bagnaia. Gap 10 besar ini hanya sekira 0,6 detik.

Memasuki 15 menit sesi berjalan, Bagnaia melesat ke P1 namun hanya unggul 0,005 dari Quartararo di posisi kedua. Aleix Espargaro mampu menunjukkan konsistensi performa di atas Aprilia RS-GP dengan berada di P3. Ketiga pembalap ini hanya dipisahkan 0,039 detik.

Berita Terkait :  Ayah Nicky Hayden Meninggal Dunia

Memasuki pertengahan sesi berdurasi 45 menit tersebut, posisi pembalap di 10 besar tidak banyak berubah: Bagnaia, Quartararo, Aleix Espargaro, Miller, Binder, Pol Espargaro, Maverick Vinales, Rins, Enea Bastianini, dan Di Giannantonio.

Menjelang 10 menit terakhir, Bagnaia masih memimpin atas Quartararo dan Aleix Espargaro di posisi ketiga. Ducati terlihat kuat di Le Mans setelah Zarco dan Miller mampu menggenapi lima besar.

Di sisa waktu ini, para pembalap memanfaatkannya untuk melakukan time attack. Miller kembali keluar trek saat masuk gravel di Garage Vert (Tikungan 7). Namun, kali ini ia tidak terjatuh.

Kurang dari lima menit sesi berakhir, Aleix Espargaro melesat melibas Bagnaia di P1, setelah unggul sekira 0,061 detik atas pembalap Italia tersebut. Fabio Quartararo tertahan di posisi ketiga, diikuti Mir dan Zarco di lima besar.

Namun, hanya beberapa menit sebelum FP2 tuntas, Enea Bastianini melesat ke posisi teratas sekaligus memansa Aleix Espargaro dan Alex Rins finis di P2 dan P3. Uniknya, setelah mencetak rekor lap, Enea Bastianini langsung terjatuh di Tikungan 3-4, seperti Luca Marini.

Hasil FP2 MotoGP Prancis:

Related posts