Daftar Smartphone Kompatibel yang Mendukung eSIM

eSIM 

BabatPost.com – Perkembangan teknologi seluler terus berkembang guna mendukung segala kebutuhan manusia serta memudah manusia dalam segala hal tentang komunikasi. Salah satunya Embedded Subsriber Indentification Module atau yang lebih di kenal dengan eSIM.

Meskipun eSIM dan kartu sim keduanya dikenal memiliki fungsi yang sama tetapi ada hal yang membedakan keduanya loh. Kartu SIM umumnya mudah ditemukan di gerai penyedia pulsa di sekitar kita. Bentuk dari kartu pun berubah seiring waktu, sehingga muncul kartu SIM berukuran micro yang dipecah dari bentuk kartu standar.

Karena eSIM tidak memiliki bentuk fisik, SIM ini pun terhindar dari bahaya kerusakan atau kehilangan. Ukuran eSIM pun sangat kecil dibandingkan kartu SIM sebelumnya, yaitu sekitar 6×5 mm dengan tebal 0,67 mm dan telah ditanam di dalam smartphone.

Berita Terkait :  3 Aplikasi Anti Keylogger Terbaik 2017

Jika kartu SIM dapat menyimpan nomor kontak di dalam penyimpanan kartu, eSIM akan menyimpan nomor kontak ke dalam sistem cloud yang disediakan oleh provider eSIM. Dengan ini, pengguna eSIM tidak perlu merasa khawatir nomor kontak hilang karena fisik dari kartu SIM yang rusak.

Penggunaan eSIM dinilai cukup praktis, dari pengguna yang tidak perlu membeli kartu SIM fisik dan hanya menggunakan barcode untuk mengaktifkan kartu, sampai sistem firewall yang dimiliki eSIM sehingga tidak mudah diretas.

Namun, meskipun memiliki keuntungan yang membuat kartu SIM modern menjadi efisien, eSIM masih tergolong baru di Indonesia dan belum banyak operator seluler yang menjual SIM dengan teknologi eSIM.

Berita Terkait :  5 Aplikasi Animasi 2D Gratis Mudah Digunakan Oleh Pemula

Sejauh ini, operator seluler di Indonesia yang menyediakan eSIM adalah Smartfren. Ini membuat Smartfren menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang sudah mengadopsi teknologi eSIM prabayar.

Daftar Smartphone Kompatibel yang Mendukung eSIM

Smartfren memberikan daftar tipe smartphone yang mendukung penggunaan eSIM. Ada empat tipe smartphone yaitu iPhone, Samsung, Google Pixel, dan Huawei.

Untuk smartphone dari Apple, eSIM sudah bisa digunakan pada model iPhone 11 Series, iPhone 12 Series, iPhone SE 2020, iPhone XR, iPhone XS dan XS Max, serta iPhone 13 Series.

Berita Terkait :  Cara Mudah Hack WiFi Di Android Tanpa Harus Root

Sementara itu, untuk Android dari Samsung yang mendukung eSIM adalah Galaxy Note 20 Series, Galaxy S20 Series, Galaxy S21 Series, Galaxy Z Flip dan Fold, Galaxy Z Fold 2, Galaxy Z Flip 3 dan Fold 3, serta Galaxy S22 Series.

eSIM sudah dapat digunakan pada smartphone Google Pixel model Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, Google Pixel 3a, Google Pixel 3a XL, Google Pixel 4, Google Pixel 4 XL, Google Pixel 4a, dan Google Pixel 4a 5G, serta Google Pixel 5.

Terakhir untuk perangkat Huawei yang mendukung eSIM adalah Huawei P40, Huawei P40 Pro, Huawei Mate 40 Pro, dan Motorola Razr 2019.

Related posts