7 Macam Jas Hujan yang Bisa Anda Pilih Sesuai dengan Fungsinya

BabatPost.com – Bulan September 2022 sudah berlalu. Saatnya kita memasuki bulan Oktober. Artinya, dalam beberapa waktu ke depan, kita akan memasuki bulan dengan curah hujan yang tinggi. Dan ini juga berarti kita harus siap-siap menghadapinya. Salah satunya yakni dengan menyiapkan jas hujan.

Jas hujan Tiger Head bisa jadi pilihan Anda. Dalam beberapa review, jas hujan merk ini punya kualitas yang bagus. Namun pun begitu, harganya relatif terjangkau. Jenis-jenisnya juga banyak. Dari mulai jas hujan untuk anak, hingga jas hujan untuk orang dewasa.

Berikut ini beberapa jenis jas hujan yang wajib Anda tahu. Supaya sedari sekarang, Anda bisa menyiapkan jas hujan yang tepat untuk menghadapi musim hujan yang akan segera menyapa keseharian kita.

 

  1. Jas Hujan Ponco

Jas hujan jenis yang satu ini adalah jas hujan yang paling banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor. Modelnya berupa potongan yang lebar dan juga besar. Jas hujan ponco tersedia dalam banyak warna, bahkan ada juga yang transparan.

Jas hujan jenis ponco banyak dijual di toko. Bahkan di Blibli. Harganya bervariasi tergantung merk, ketebalan, dan juga ukuran. Tak hanya pengendara sepeda motor, bahkan para pejalan kaki juga banyak yang senang menggunakan jenis jas hujan tipe ini. Alasannya sederhana. Yakni kepraktisan dalam penggunaannya. Saat hujan, tingga dipakai dengan gampang. Dan saat hujan berhenti, tinggal buka dengan mudah pula. Dilipat secara rapi dan lalu dimasukkan ke dalam tas juga sangat memungkinkan untuk jas hujan tipe ini dibawa ke mana-mana.

  1. Jas Hujan Tipe Tandem
Berita Terkait :  Pesta Miras Oplosan Renggut 3 Nyawa di Gresik, Ini Kronologinya

Jas hujan yang satu ini merupakan pengembangan dari jas hujan tipe ponco. Bagian yang dimodifikasi ada pada bagian lubang untuk kepala. Jika jas hujan tipe ponco hanya satu lubang, nah jas hujan tipe tandem lubangnya ada 2.

Jas hujan tandem banyak digunakan para pengendara sepeda motor yang berboncengan. Namun hati-hati, menggunakan jas hujan tipe ini membuat pengendara sepeda motor agak susah bergerak. Dan ini membuat Anda dan orang yang Anda bonceng berisiko jatuh. Sebaiknya, pertimbangkan dengan matang di dalam menggunakan jas hujan tipe tandem. Membawa 2 jas hujan tipe ponco akan lebih baik dan lebih aman.

  1. Jas Hujan Model Setelan Lengkap

Jas hujan yang satu ini terdiri atas 2 potong, atasan dan juga bawahan. Jas hujan yang satu ini banyak digunakan para pengendara sepeda motor. Kelebihannya, Anda bisa terlindungi dari air hujan, dari atas sampai bawah. Jadi misalnya saat digunakan ke kantor, begitu sampai, Anda masih bisa dalam keadaan kering. Membuat Anda lebih leluasa bergerak saat mengendarai sepeda motor juga menjadi kelebihan dari jas hujan model setelan lengkap ini.

  1. Jas Hujan Rok – Gamis
Berita Terkait :  Prediksi Liga Italia Inter Milan vs AC Milan 16 Oktober 2017

Untuk para perempuan, sekarang ini sudah tersedia jas hujan dengan desain menyerupai rok dan juga gamis (tunik). Jas hujan tipe ini terdiri atas dua potong, yakni atasan dan bawahan. Atasan berupa gamis atau tunik, sementara bawahannya berupa rok. Untuk beberapa perempuan, tipe jas ini konon lebih nyaman daripada tipe jas hujan yang lainnya. Alasannya karena dalam pemakaian dan pelepasannya tidaklah ribet. Tinggal masuk atau ke luar dengan cara dari arah atas. Tidak seperti jas hujan setelan yang terkadang membuat para perempuan yang gemar menggunakan rok atau gamis kesusahan.

  1. Jas Hujan Anak

Sesuai namanya, jas hujan yang satu ini tentu diperuntukkan bagi anak-anak. Modelnya bisa jas hujan ponco, jas hujan jaket panjang, atau pun jas hujan tipe setelan. Jas hujan untuk anak-anak biasanya tersedia dalam aneka warna, desain, bahkan transparan. Aneka gambar juga sering kali ditambahkan. Terutama gambar dari film yang sedang ngetren. Berbagai ukuran anak juga tersedia di tipe jas hujan ini.

  1. Jas Hujan Tas

Jas hujan yang satu ini mungkin tak banyak yang menggunakan. Sebab mungkin desain dan cara pakai, serta cara melipatnya yang agak kurang praktis. Jas hujan tipe ini banyak digunakan oleh para petualang. Misalnya saja para pendaki gunung. Kenapa demikian, sebab jas hujan tipe ini, selain bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari air hujan, juga bisa untuk membawa barang-barang kebutuhan. Caranya ya tinggal dilipat. Ada bagian yang nanti jadi tali pegangan sebagai tas.

  1. Jas Hujan Sekali Pakai
Berita Terkait :  Jadwal Siaran Langsung MotoGP 2017 Sirkuit Losail Qatar, Live Trans7

Jas hujan yang satu ini banyak digunakan sebagai jas hujan darurat. Yakni jas hujan yang dibeli saat terjadi hujan tiba-tiba dan penggunanya lupa membawa jas hujan yang reguler dia gunakan. Jas hujan tipe ini biasanya tersedia di minimartket. Bahannya juga berupa plastik tipis, sehingga harganya sangat murah.

Jas hujan tipe ini banyak digunakan pengendara motor, pejalan kaki, atau pun juga pendaki gunung karena bobotnya yang ringan yang tidak menambah beban barang bawaan.

Jika Anda sering menggunakan jas hujan tipe ini, alangkah baiknya jika Anda sedikit berhati-hati dalam menggunakan atau melepaskannya. Supaya jas hujannya tidak robek, sehingga nantinya bisa digunakan berulang-ulang. Minimal tidak terlalu sekali pakai. Selain mengurangi sampah, juga membuat Anda lebih hemat, bukan?

 

Itu dia tipe-tipe jas hujan. Tipe manakah yang sudah Anda persiapkan untuk menghadapi musim hujan yang akan segera kita hadapi dalam beberapa waktu ke depan? Pilihlah yang paling bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related posts