‘Lima tahun lagi’ – Wolff tentang masa depan F1 Hamilton

Toto Wolff mengatakan perpanjangan kontrak Mercedes untuk Lewis Hamilton “akan terjadi” dan Hamilton berpikir dia bisa melanjutkan setidaknya lima tahun lagi di Formula 1.

Kesepakatan Hamilton dengan Mercedes F1 berjalan hingga akhir 2023, di mana saat itu dia akan menghadapi ulang tahunnya yang ke-39. Dia berbicara sebelumnya tidak melihat dirinya balap ke 40-an, tetapi juga menunjukkan awal musim ini bahwa dia masih “menikmati apa yang saya lakukan” dan “merasa seperti saya punya banyak bahan bakar yang tersisa di tangki”.

“Saya yakin kita akan duduk di beberapa tahap dan berbicara tentang masa depan,” kata Hamilton sebelum liburan musim panas F1 Agustus.

Selama Grand Prix Prancis Juli, Wolff ditanya tentang prospek Hamilton mencapai 400 grand prix dimulai (dia saat ini di 305) dan menunjukkan diskusi di antara mereka difokuskan pada “5-10” tahun ke depan.

Dalam sebuah wawancara untuk Channel 4 F1 dengan David Coulthard, dirilis di channel YouTube Channel 4 Sport pada hari GP Singapura, Wolff menyarankan perpanjangan kontrak untuk Hamilton hanyalah masalah waktu.

“Keuntungannya adalah kita banyak berbicara bersama [both live near each other in Monaco]. Baru minggu lalu kami duduk dan dia berkata ‘lihat, saya memiliki lima tahun lagi dalam diri saya, bagaimana Anda melihatnya?’” kata Wolff.

“Seiring waktu kami baru saja tumbuh bersama. Kami benar-benar transparan satu sama lain. Lewis akan menjadi orang pertama yang mengatakan ‘Saya tidak bisa melakukan ini lagi’ – karena saya merasa saya tidak mendapat reaksi lagi, atau saya baru saja kehilangan kesenangan melakukannya dan ada generasi lain yang tumbuh dewasa yang sangat kuat.

Kejuaraan Dunia Balap Motor Formula Satu Hari Latihan Grand Prix Singapura Singapura, Singapura

Jadi saya tidak ragu bahwa apa pun yang kami sepakati tentang perpanjangan kontrak, yang akan terjadi, kami berdua akan selalu mendiskusikan, dengan sangat terbuka, apa yang akan terjadi di masa depan.”

Wolff menggambarkan Hamilton sebagai “bintang bersinar” F1 dan “kepribadian terhebat yang pernah dimiliki Formula 1”. Dia juga menyarankan Fernando Alonso membalap secara kompetitif di F1 hingga usia 40-an mungkin bisa menjadi contoh bagi Hamilton untuk diikuti dalam hal umur panjang.

“Saya tidak tahu apakah 40 adalah usia di mana Anda mengatakan itu tidak memadai lagi untuk seorang pembalap,” tambah Wolff.

“Jika Anda melihat di mana Fernando dengan 41 tahun, dia masih sangat banyak di sana. Sekarang, apakah dia sama dengan Fernando saat dia berusia 25 tahun? Saya tidak tahu, tapi dia masih sangat kompetitif.

“Anda melihat Tom Brady [NFL star] yang merupakan seseorang yang sangat saya kagumi karena memiliki disiplin dalam mengatur kehidupan dan olahraganya, dia berusia 43 atau 44 tahun – dan dia ada di lapangan.

“Jadi Lewis, dengan cara dia menjalani hidupnya, dengan fokus penuh dan sangat sempit pada balapan Formula 1 – yang lainnya hanyalah hobi – saya pikir dia bisa melakukannya cukup jauh.”

Wolff juga berharap untuk mempertahankan rekan setim Hamilton saat ini, George Russell dalam “jangka panjang”, karena terkesan dengan penampilan dan integrasi Russell dalam Mercedes saat ini meskipun musim yang sangat menantang sejauh ini pada 2022.

“George sangat bagus bergabung dengan tim,” kata Wolff. “Dia kepribadian yang baik, dia bertindak dengan integritas, dia sangat transparan bekerja dengan Lewis – keduanya benar-benar telah menambah kemiringan pengembangan tim tahun ini.

“Dia jelas berharap berada di Mercedes dan memenangkan balapan dan kejuaraan, yang dia salah waktu, tapi setidaknya dia telah berkembang ke lini tengah sekarang!

“Waktu itu akan datang – dia akan memenangkan balapan, dia akan balapan untuk kejuaraan dan saya pikir dia benar-benar memilikinya dalam dirinya.

“Saya merasa sangat senang memiliki dia di tim dalam jangka panjang.”

Terima kasih atas tanggapan Anda!

Apa yang Anda pikirkan tentang cerita ini?

Related posts