Prabowo hingga Megawati Hadiri HUT ke-77 TNI Digelar di Istana Merdeka Hari Ini

TNI

BabatPost.com – HUT ke-77 TNI kali berbeda dengan peringatan di tahun sebelumnya karena khusus untuk Peringatan Hari Ulang Tahun TNI digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/10/2022). Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) HUT ke-77 TNI.

Tampak hadir dalam Upacara HUT ke-77 TNI, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menko Polhukam Mahfud Md, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Read More
Berita Terkait :  Kemarin, Alutsista TNI hingga revisi UU Pilkada

Lalu, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Ketua KPK Firli Bahuri, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional, Andi Widjajanto, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, hingga Kepala BSSN Hinsa Siburian.

Peringatan HUT ke-77 TNI ini juga akan dimeriahkan dengan defile pasukan TNI dan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Defile tersebut dimulai dari depan Istana Merdeka sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Berita Terkait :  PDI Perjuangan gelar bimtek untuk ribuan anggota DPRD se-Indonesia

Dalam perayaan HUT ke-77 ini, alutsista milik TNI juga dipajang di depan halaman Istana Merdeka. Adapun masyarakat diberi kesempatan untuk melihat beberapa kendaraa tempur terbaru milik TNI

Sejumlah alutsista yang dipajang antara lain, Meriam 155 MM Caesar milik TNI AD buatan Perancis, MPCV Multipurpose Combat Vehicle buatan Perancis yang memiliki jarak tembak hingga 6,5 kilometer, dan Radar MCP Mistral.

Kemudian, Oerlikon Skyshield milik Kopasgat TNI AU buatan Swiss, hingga MLRS RM 70 Vampire yang biasa digunakan Marinir TNI AL.

Berita Terkait :  Haedar Nashir sebut Muhammadiyah-TNI memiliki kesamaan pandangan

Selain di Istana, upacara HUT ke-77 TNI juga akan digelar di masing-masing daerah. Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono menyebut HUT ke-77 ini bertujuan untuk menunjukkan soliditas TNI secara menyeluruh.

“Intinya kita ingin pada upacara HUT TNI yang sekarang ini kita ingin menunjukkan soliditas TNI secara menyeluruh,” pungkas Eko, Jumat 30 September 2022.

Related posts