Bahaya Menggunakan MOD APK Modifikasi yang Wajib Ketahui

MOD APK Modifikasi

Babatpost.com – MOD APK sering kita dengar dari beberapa artikel yang membahas akan aplikasi jenis MOD atau mungkin kamu tau dari teman-teman gamer yang suka menggunakan aplikasi versi Mod. Mod atau modifikasi, jadi bisa di simpulkan jika aplikasi MOD adalah aplikasi yang sudah di rubah sedemikian rupa sehingga tidak seperti versi originalnya

Sedangkan di dalam aplikasi, MOD bisa mengubah beberapa fitur atau layanan di dalamnya. Misalnya, fitur premium yang terkunci jadi terbuka (unlocked) dengan MOD ini.

Read More

MOD APK sendiri adalah jenis file dari aplikasi atau game yang sudah dimodifikasi. Isinya diubah oleh modifier yang biasanya mengerti tentang bahasa pemograman aplikasi dan game.

Ciri-ciri Aplikasi dan Game yang Dimodifikasi

1. Tidak Ada di Google Play Store
Sudah tentu, aplikasi modifikasi tidak akan diunggah oleh pengembangnya di platform resmi seperti Google Play Store. Kalau ya, pasti aplikasi MOD tersebut langsung di-take down dan dihapus oleh pihak berwenang.

Biasanya, aplikasi ini ada di situs web khusus yang memiliki database MOD APK. Contohnya, apkmody.io, happymood.com, modcombo.com, dan lainnya.

2. Pengembang Tidak Diketahui
Seringkali, pengembang MOD APK tidak memperlihatkan identitas mereka dengan jelas. Soalnya kalau ketahuan, mereka bisa terjerat hukum karena mengubah isi produk resmi pihak lain tanpa izin.

3. Terdapat Deskripsi Fitur Premium Gratis
Seperti yang Jaka sebutkan, aplikasi dan game yang dimodifikasi diklaim bisa memberikan fitur premium seperti unlimited money, gem, unlock all rooms. Yang awalnya permainan terbatas menjadi bebas.

Apakah MOD APK Ilegal?
Sayangnya, meskipun bisa memberikan fitur premium gratis, aplikasi modifikasi termasuk ke golongan aplikasi ilegal karena jeroannya dirombak tanpa izin pengembang resmi.

Risiko Menggunakan Aplikasi atau Game MOD APK

Meskipun aplikasi MOD menguntungkan, tetap ada risiko yang bisa dialami kalau kamu menggunakan aplikasi ini dalam jangka waktu tertentu. Apa saja risiko tersebut? Berikut rinciannya.

  • Kerusakan Sistem: Ini masih berkaitan dengan efek dari virus atau malware, geng. Selain kehilangan data penting, HP kamu juga bisa rusak karena kinerja prosesor yang jadi nggak stabil.

  • Banned Permanen: Kalau Google sampai mendeteksi adanya aplikasi ilegal di HP kamu, tentu Google akan langsung memberlakukan banned pada sistemmu. Jadi susah akses aplikasi Google lainnya, deh!

  • Pencurian Data: Karena bukan aplikasi resmi, aplikasi ini mungkin saja merupakan bentuk penipuan yang tujuannya meretas dan mencuri data-data pribadi milikmu.

  • Merugikan Developer: Developer resmi nggak hanya kehilangan pendapatan dari hadirnya aplikasi MOD ini, tapi juga kehilangan trust dari pengguna lainnya yang lebih memilih menggunakan aplikasi gratisan.

Related posts