Youtube Shorts Dikabarkan Bakal Mengikuti Jejak Tiktok Untuk Menambahkan Fitur Belanja

Youtube Shorts

babatpost.com – Youtube  nampaknya tidak mau tesaingi oleh Tiktok dengan mulai diterapkannya fitur belanja pada Youtube Shorts

Dengan fitur belanja ini, nantinya mereka yang sedang melakukan scrolling di Shorts akan bisa membeli sebuah produk. Kabar soal fitur ini pun sudah dikonfirmasi oleh YouTube.

fitur belanja sedang diuji coba oleh YouTube pada kreator yang memenuhi syarat di Amerika Serikat. Di sini, mereka bisa menandai produk dari tokonya.

Penonton di Amerika Serikat, India, Brasil, Kanada, dan Australia, akan bisa melihat tag dan berbelanja melalui Youtube Shorts.

Berita Terkait :  1 Miliar Pengguna Aktif WhatsApp Setiap Harinya!

YouTube juga mengatakan berencana untuk membawa tag ini ke lebih banyak pembuat kontan dan negara di masa mendatang.

Selain fitur belanja, YouTube tengah mencoba program afiliasi di Amerika Serikat, yang memungkinkan kreator memperoleh komisi melalui pembelian produk, yang direkomendasikan di video Shorts dan reguler mereka.

Perusahaan menyebut tes ini masih dalam tahap awal dan berencana memperluas eksperimennya secara bertahap ke lebih banyak kreator tahun depan.

“Kami sangat yakin YouTube adalah tempat terbaik bagi kreator untuk membangun bisnis dan berbelanja adalah bagian dari itu,” kata juru bicara YouTube kepada Tech Crunch.

Berita Terkait :  Strategi Mengelola Media Sosial untuk Layanan Pelanggan

Kabar rencana kehadiran fitur belanja di Shorts muncul setelah beberapa waktu lalu YouTube juga mengumumkan, konten-konten Shorts akan bisa dimonetisasi mulai awal tahun 2023 mendatang.

Neil Mohan, YouTube’s Chief Product Officer mengatakan, kreator dengan minimal 1.000 subscribers dengan 10 juta view Shorts dalam 90 hari, bisa mengajukan kanalnya untuk YouTube’s Partner Program (YPP).

Ini merupakan alternatif dari kriteria yang sudah ada, di mana kreator video panjang bisa mendaftar YPP, setelah mengumpulkan minimal 1.000 subscribers dan empat ribu jam waktu tonton.

Berita Terkait :  Cara Bikin Status FB Dengan Warna Favorit

Selain itu, kreator nantinya akan mendapatkan 45 persen pendapatannya dari iklan dimana nanti akan muncul di antara konten-konten Shorts.

Dalam temu media secara virtual pada Rabu (21/9/2021), pihak YouTube dan Google mengungkapkan iklan ini akan muncul di antara video saat penonton melakukan scrolling Shorts.

Karena iklan di Feed Shorts ditayangkan di antara video, pendapatan dari iklan-iklan ini akan ditotal setiap bulan dan digunakan untuk mengapresiasi kreator.

Related posts