Kriteria Ideal untuk Barang Yang Dijual Secara Online

Kriteria Ideal untuk Barang Yang Dijual Secara Online

BabatPost.com – Platform ecommerce membantu Anda menjual produk pilihan Anda secara mudah dan bisa dilakukan dari mana saja. Dari sisi pembeli, mereka menyukai ecommerce karena keragamannya, kemampuan untuk membandingkan produk dan harga dengan mudah, ditambah transparansi seputar tingkat stok dan ketersediaan. Tentunya, ini memberikan kesempatan untuk Anda berjualan.

Dan dengan mendaftarkan diri Anda di platform ecommerce, Anda dapat memperluas jangkauan pelanggan dan pasar Anda. Terlebih, proses cara buka toko online umumnya sangat mudah untuk siapapun yang tertarik. Anda tinggal memilih platform eCommerce ternama seperti Blibli, mendaftarkan toko Anda, memasukkan data-data yang diperlukan, menunggu verifikasi, dan Anda bisa langsung berjualan.

Langkah selanjutnya adalah memilih produk. Tidak ada satu ide produk pun yang akan menjamin kesuksesan toko online Anda, tetapi ada fitur utama dari produk yang kemungkinan besar akan lebih menguntungkan atau lebih mudah didistribusikan.

Artikel ini membahas beberapa kriteria produk yang ideal untuk mendukung kesuksesan dan berkembangnya toko online Anda.

Kriteria 1: Memiliki margin yang maksimal

“Margin” adalah perbedaan antara biaya grosir suatu barang dan harga toko Anda menjualnya. Margin yang lebih tinggi memungkinkan bisnis Anda menjadi menguntungkan.

Barang dengan margin tinggi dapat berupa barang baru, “barang musiman” atau barang dengan permintaan tinggi pada hari-hari tertentu dalam setahun, atau barang yang permintaannya tinggi secara konsisten, terlepas dari musim ataupun situasi ekonomi.

Berita Terkait :  Ada Bahaya Yang Mengintai Kalian Jika Sering Nonton Film Pakai Subtitle

Ide produk dengan margin tinggi antara lain perhiasan, produk kecantikan, alat perlengkapan perawatan untuk  hewan peliharaan, atau aksesori ponsel.

Kriteria 2: Memiliki relevansi dan permintaan maksimum

Permintaan atau demand adalah keinginan, atau kebutuhan tertentu, yang diperkuat oleh kemampuan membeli. Dengan sumber daya, pelanggan memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka dengan memperoleh barang yang memberi mereka manfaat dan kepuasan semaksimal mungkin.

Ide produk dengan permintaan tinggi antara lain gadget dan aksesoris ponsel, kosmetik, obat-obatan, dan peralatan rumah tangga.

Kriteria 3: Eksklusif

Barang eksklusif adalah barang dengan permintaan khusus, diproduksi dalam jumlah terbatas, memiliki karakteristik unik, dan biasanya untuk pembeli harus bersaing dengan pembeli lain untuk mendapatkannya. Karakteristik meliputi mahal, berkualitas tinggi, dan ketersediaan terbatas.

Ide produk eksklusif termasuk produk yang dibuat oleh pengrajin, barang kuno atau vintage, atau barang yang pernah dimiliki orang terkenal.

Kriteria 4: Dapat dihabiskan

Barang seperti ini dapat dikonsumsi setiap hari, minggu atau bulan. Hal pertama yang terlintas di dalam pikiran anda mungkin adalah makanan.

Ide produk yang dapat Anda jual dengan kriteria ini meliputi kopi, perkakas, popok, ban mobil, lensa kontak, atau sampo dan pasta gigi.

Berita Terkait :  3 Aplikasi PDF Reader Serta Editor di Android

Kriteria 5: Menawarkan aksesoris

Setiap produk memiliki opsi dan penyesuaiannya sendiri. Terkadang itu adalah kebutuhan, karena tidak semua orang membutuhkan berbagai pilihan sekaligus. Namun lebih sering aksesori memberi kesempatan kepada pembeli untuk mengekspresikan individualitas dan kepercayaan diri mereka.

Ide produk dengan berbagai asesoris antara lain komputer PC, smartphone, alat musik, barang lukis, minuman, atau action camera.

Kriteria 6: Berat dan ukuran yang ringan dan kecil

Jika produk tidak terlalu berat dan tidak memakan tempat, itu berarti biaya pengemasan dan pengiriman akan dikenakan biaya sepeser pun.

Ide barang meliputi produk herbal yang kecil, aromatherapy, alat tulis, flash drive, pelindung layar ponsel, atau aksesori fashion seperti topi.

Kriteria 7: Masa penyimpanan yang tidak terbatas

Kriteria barang ini sangat sederhana konsepnya – jika tidak dapat rusak atau menjadi berbahaya, maka tidak akan kehilangan biaya dan dapat dijual dan digunakan dalam jangka waktu yang tidak terbatas.

Ide produk dengan masa kadaluarsa tidak terbatas antara lain mainan plastik, madu, susu bubuk, buku, perkakas, atau pakaian.

Kriteria 8: Tidak perlu dicoba

Preferensi setiap pelanggan berbeda dan dapat berubah beberapa kali sehari. Ide yang bagus untuk Anda sebagai penjual adalah menjual produk yang selalu terlihat bagus dan menarik  terlepas dari keadaan di sekitar pelanggan.

Berita Terkait :  Xiaomi Mi Laser Proyektor Yang Baru Dirilis

Ide produknya antara lain matras yoga, sikat gigi, botol minum plastik, masker tidur, atau cairan vaporizer.

Kriteria 9:  Membawa kegembiraan dan kepuasan maksimal.

Tidaklah cukup hanya menciptakan produk yang fungsional dan bermanfaat. Pelanggan juga memerlukan produk yang membawa kegembiraan, kegembiraan, kesenangan, kepuasan, kesenangan dan estetika.

Ide produk dalam kriteria ini termasuk perlengkapan dekorasi interior, produk sabun bath bomb, lilin aromatherapy, film, musik dan permainan, atau makanan ringan dan permen.

Kriteria penting terakhir adalah pastikan produk yang dipilih tidak memiliki batasan usia. Kriteria di atas diharapkan dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat dan sesuai preferensi Anda untuk dijual.

Ketika saatnya berjualan dengan produk pilihan Anda, pastikan Anda megunggah gambar gambar produk dengan resolusi tinggi dengan latar belakang putih. Gambar yang lebih besar menampilkan lebih banyak detail, yang dapat meningkatkan penjualan Anda.

Setelah memutuskan produk apa yang ingin dijual, Anda bisa mulai berjualan online dengan mudah, aman, dan nyaman di ecommerce terpercaya seperti Blibli. Nikmati keuntungan sebagai Blibli seller seperti gratis ongkir, asuransi dan bebas deposit!

Related posts