Wawancara Shinichi Sahara: Bagian 2 – Bagaimana Penarikan Suzuki 2011 Berbeda Dari 2022, Dan Keluar Dengan Tinggi | MotoMatters.com

Kiprah Suzuki di MotoGP akhirnya berakhir dengan GP Valencia, babak final musim 2022. Sejak berita mengejutkan tentang keputusan Suzuki Motor Corporation untuk mundur pada akhir musim melanda dunia pada Mei ini, setiap tempat dan setiap arena balap telah menjadi kesempatan sekali seumur hidup bagi semua anggota tim Tim SUZUKI ECSTAR. Pada Kamis sore, sebelum balapan terakhir Tim SUZUKI ECSTAR di Sirkuit de Valencia Ricardo Tormo, kami berbicara dengan Shinichi Sahara, pemimpin proyek yang telah memimpin tim selama dua puluh tahun.

Di bagian kedua dari wawancara dua bagian ini, Sahara-san membahas bagaimana keputusan Suzuki mundur di akhir tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2011, ketika Suzuki menghentikan partisipasinya di kelas utama. Dia berbicara tentang apa yang akan terjadi pada tim di akhir musim, peluang untuk kembali, dan kegembiraan kemenangan Alex Rins di Phillip Island dan Valencia.

Q: Penarikan Anda pasti dibandingkan dengan tahun 2011, tetapi pada tahun 2011, itu adalah pengumuman “penangguhan kegiatan”.

Berita Terkait :  Tanpa Marc Marquez, Honda Rilis RC213V pada Jumat

Shinichi Sahara: Dalam pengertian itu, berbeda dari saat ini. Meski suspensi, kembali ke balapan sangat sulit. Dan setelah kembali, perlu banyak usaha untuk menjadi kompetitif dan berjuang di level atas. Oleh karena itu, saat itu pun kami melakukan segala cara untuk membujuk mereka agar tidak menghentikan kegiatan balapan. Dalam hal ini, ini adalah kedua kalinya kami bekerja seperti ini. Meskipun ada beberapa kesamaan, penangguhan dan penarikan adalah hal yang berbeda. Bagaimanapun, saya pikir sekali sudah cukup untuk pengalaman ini!

Q: Pada tahun 2011, Anda memiliki harapan untuk kembali dalam beberapa tahun.

Sahara: Memang. Saat itu, Rizla Suzuki hanya memiliki satu pebalap, Alvaro Bautista, dan seperti yang saya sebutkan sebelumnya, jika Anda memiliki satu pebalap di tim Anda, dia tidak memiliki kesempatan untuk berkembang dengan bersaing dengan rekan setimnya, jadi ketika dia jatuh atau terjatuh. tidak berkinerja baik, sangat sulit untuk menilai apakah itu kesalahan sepeda motor atau kesalahan pengendara. Pada tahun itu, banyak hal tidak berjalan dengan baik untuk mendapatkan hasil yang baik, tetapi kami menerima pujian dari pembalap pabrikan lain yang mengatakan, “Suzuki adalah motor yang bagus.” Dan saat itu regulasi teknis berubah dari 800cc ke 1000cc, jadi target kami dan yang harus kami lakukan jelas untuk kembali ke balapan.

Berita Terkait :  Pembalap MotoGP Senang Bertemu Presiden Jokowi

Q: Jadi, apakah Anda merasa tahun ini lebih sulit dari tahun 2011?

Sahara: Ya. Kami berterima kasih kepada semua orang di sekitar kami karena mereka memberi kami kata-kata yang sangat baik, mengatakan “segera kembali!” atau “kami menunggu Anda kembali lagi.” Tapi tahukah Anda, itu sangat sulit karena perusahaan menyatakan akan mundur.

Q: Untuk kali ini, itu penarikan, bukan penangguhan?

Sahara: Tetapi apa yang kami lakukan dalam prosesnya serupa: kami memberikan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang baik dalam balapan sambil memastikan staf kami memiliki pekerjaan baru dan tidak mendapat masalah, dan kami juga berkoordinasi dengan perusahaan. Dalam pengertian itu, kami melakukan hal yang serupa, tetapi ada perbedaan, terutama di sisi mental Anda, apakah ada tempat untuk kembali atau tidak.

Berita Terkait :  Miguel Oliveira Ungkap Trik Menangi Wet Race di Mandalika

Untuk membaca sisa 2193 kata dari artikel ini, Anda perlu mendaftar untuk menjadi pendukung situs MotoMatters.com dengan berlangganan. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang berlangganan MotoMatters.com di sini. Jika Anda sudah menjadi pelanggan, masuklah untuk membaca teks selengkapnya.


Ini adalah bagian dari serangkaian wawasan unik tentang dunia balap motor, eksklusif untuk pendukung situs MotoMatters.com. Serial ini mencakup wawancara, informasi latar belakang, analisis mendalam, dan opini, dan tersedia untuk semua orang yang mendukung situs ini dengan berlangganan.

Jika Anda ingin membaca lebih banyak konten eksklusif kami, Anda dapat bergabung dengan kelompok pendukung situs yang terus bertambah, dengan berlangganan di sini. Jika mau, Anda juga dapat mendukung kami di halaman Patreon kami dan mendapatkan akses ke materi eksklusif yang sama di sana.

Related posts