Peristiwa Penting Dalam Politik, Olahraga, Seni, Ulang Tahun Terkenal, dan Kematian

Pelajari tentang peristiwa penting dalam politik, olahraga, dan Seni, ulang tahun terkenal, dan kematian yang terjadi pada tanggal 24 November dalam sejarah.

24 November Dalam Sejarah: Peristiwa Penting Dalam Politik, Olahraga, Seni, Ulang Tahun Terkenal, dan Kematian

24 November Dalam Sejarah: Peristiwa Penting Dalam Politik, Olahraga, Seni, Ulang Tahun Terkenal, dan Kematian

24 November dalam Sejarah: Beberapa peristiwa penting dalam sejarah terjadi pada tanggal 24 November. Dari meninggalnya penyanyi rock terhebat abad ke-20 dan pemutaran perdana salah satu film paling berpengaruh dalam sejarah perfilman hingga pembajakan pesawat yang paling berani dan tak terpecahkan, 24 November memegang tempat penting dalam sejarah. Baca terus untuk mengetahui tentang peristiwa penting yang terjadi pada 24 November dalam sejarah di bidang politik, olahraga, teknologi, dan seni, bersama dengan beberapa hari ulang tahun dan kematian terkenal untuk menambah pengetahuan umum Anda.

Kejadian bersejarah

  • Pada 1221, penaklukan Mongol oleh Genghis Khan atas Kekaisaran Khwarezmian berakhir setelah pasukan Mongol mengalahkan pasukan Shah Jalal ad-Din dalam Pertempuran Indus.
  • Pada tahun 1642, penjelajah Belanda Abel Janszoon Tasman menemukan sebuah pulau di lepas pantai Australia, yang sekarang dikenal sebagai Tasmania.
  • Pada tahun 1700, Louis XIV dari Prancis menyatakan cucunya Philip sebagai Raja Spanyol dan memicu Perang Suksesi Spanyol.
  • Pada 1750, Tarabai, bupati Kekaisaran Maratha di India, memenjarakan cucu angkatnya, Rajaram II dari Satara, Chhatrapati, karena menolak mencopot Balaji Baji Rao dari jabatan Peshwa.
  • Pada tahun 1835, Pemerintah Provinsi Texas di Amerika mengesahkan pembentukan pasukan polisi berkuda yang disebut Texas Rangers.
  • Pada tahun 1874, petani dan pengusaha Amerika Joseph Farwell Glidden menerima hak paten atas penemuannya, barbwire.
  • Pada tahun 1922, penulis Irlandia Erskine Childers termasuk di antara sembilan anggota Tentara Republik Irlandia yang dieksekusi oleh regu tembak Negara Bebas Irlandia.
  • Pada tahun 1926, pejuang kemerdekaan India, jurnalis, dan pemimpin spiritual Sri Aurobindo pensiun dan menyerahkan tanggung jawab kepada Mirra Alfassa, yang mendirikan Sri Aurobindo Ashram.
  • Pada tahun 1932, Biro Investigasi Federal (FBI) secara resmi membuka Laboratorium Deteksi Kejahatan Ilmiah, alias Lab Kejahatan FBI.
  • Pada tahun 1936, pasifis dan jurnalis Jerman Carl von Ossietzky dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian karena mengungkap persenjataan kembali Nazi Jerman yang melanggar Perjanjian Versailles.
  • Pada tahun 1971, seorang pria misterius membajak sebuah penerbangan Amerika dari Portland, Oregon, dan menuntut uang tebusan $200.000 dan 4 parasut. Dia terjun payung dari pesawat dan tidak pernah ditemukan. Pria itu kemudian dikenal sebagai DB Cooper.
  • Pada tahun 1976, gempa Çaldıran–Muradiye di Turki timur merenggut nyawa lebih dari 4.000 orang.
  • Pada tahun 1989, pemerintahan komunis di Cekoslowakia berakhir setelah pengunduran diri pemimpinnya, Miloš Jakeš dan seluruh Partai Komunis Cekoslowakia.
  • Pada tahun 2016, pemerintah Kolombia dan Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia menandatangani kesepakatan damai yang direvisi, menandai berakhirnya perang saudara selama 50 tahun di negara tersebut.
Berita Terkait :  Duta Powerboat Formula 1 Berhadiah Melalui Program Pendidikan Pilot

Acara olah raga

  • Pada tahun 1960, pemain bola basket Hall of Famer Wilt Chamberlain membuat rekor NBA 55 rebound, tetapi timnya, Philadelphia Warriors, kalah 132-129 dari Boston Celtics.
  • Pada tahun 1989, legenda kriket India Sachin Tendulkar mencetak Test Cricket lima puluh hanya pada usia 16 tahun.
  • Pada tahun 1996, Mohammad Wasim dari Pakistan mencetak 109 gol dalam debutnya di Test Cricket melawan Selandia Baru.
  • Pada 2013, pembalap Formula 1 Red Bull Jerman Sebastian Vettel merebut Grand Prix Brasil, mencatat kemenangan GP ke-9 berturut-turut dan kemenangan GP ke-13 berturut-turut.
Berita Terkait :  F1 akan membatalkan perubahan aturan 2023 'tidak ada pengemudi yang mau'

Acara Seni dan Budaya

  • Pada tahun 1859, Bapak Biologi Evolusioner, karya Charles Darwin, On the Origin of Species by Means of Natural Selection diterbitkan.
  • Pada tahun 1877, Anna Sewell menerbitkan novel anak-anaknya yang sangat dihormati, Black Beauty.
  • Pada tahun 1905, fotografer terkenal Alfred Stieglitz membuka Galeri Kecil Pemisahan Foto di Manhattan, New York. Stieglitz sangat penting dalam menjadikan fotografi sebagai bentuk seni yang diterima di awal abad ke-20.
  • Pada tahun 1933, film pertama Fred Astaire, “Dancing Lady” dirilis.
  • Pada tahun 1948, Pencuri Sepeda klasik Italia dirilis. Vittorio De Sica menyutradarai film tersebut, yang kemudian memenangkan Penghargaan Akademi Kehormatan pada tahun 1950.
  • Pada tahun 2012, Gangnam Style milik rapper Korea Psy menjadi video YouTube yang paling banyak ditonton setelah melampaui 808 juta penayangan.

Kematian Terkemuka

Nomor Sr

Tahun Kematian

Kepribadian

1

1072

Bagrat IV dari Georgia, anggota dinasti Bagrationi dan Raja Georgia, yang memerintah dari tahun 1027 hingga 1072

2

1675

Guru Tegh Bahadur, yang kesembilan dari sepuluh Guru Sikh dan pendiri Sikhisme di anak benua India. Dia dipenggal oleh Kaisar Mughal Aurangzeb.

3

1957

Diego Rivera, pelukis Meksiko dan suami Frida Kahlo

4

1963

Lee Harvey Oswald, pembunuh Presiden Amerika John F. Kennedy

5

1993

Freddie Mercury, penyanyi-penulis lagu Inggris dan pentolan band rock revolusioner Queen

6

2002

John Rawls, filsuf Amerika yang kini dianggap sebagai salah satu filsuf politik paling berpengaruh dari 20th abad

7

2005

Pat Morita, aktor Amerika yang dikenal sebagai Tuan Miyagi dalam franchise Karate Kid

Berita Terkait :  Mobil F1 Michael Schumacher 2003 akan dilelang

Ulang Tahun Terkenal

Nomor Sr

tahun lahir

Kepribadian

1

1655

Charles XI, Raja Swedia, yang memerintah dengan damai selama 20 tahun sebelum putranya Charles XII memenangkan pertempuran besar

2

1888

Dale Carnegie, penulis dan pelatih kehidupan Amerika yang terkenal dengan buku klasiknya How to Win Friends and Influence People

3

1845

Yitzhak Ben-Zvi, presiden kedua Israel dari tahun 1952 hingga 1963

4

1897

Charles “Lucky” Luciano, gangster Italia-Amerika

5

1938

Oscar Robertson, mantan pemain bola basket profesional Amerika dan salah satu pemain terhebat dalam olahraga tersebut

6

1946

Ted Bundy, pembunuh berantai Amerika yang terkenal menggunakan karismanya untuk memikat, memperkosa, dan membunuh puluhan wanita

7

1961

Arundhati Roy, penulis dan aktivis India yang blak-blakan yang dikenal karena novel pemenang Booker Prize-nya The God of Small Things

8

1974

Stephen Merchant, aktor, pembuat film, dan komedian Inggris yang dikenal karena menciptakan The Office bersama Ricky Gervais

9

1977

Colin Hanks, aktor Amerika dan putra Tom Hanks, dikenal karena perannya di Fargo dan King Kong

10

1978

Katherine Heigl, aktris Amerika yang dikenal membintangi serial televisi Grey’s Anatomy dan film Knocked Up

Baca Juga: Pada Hari Ini – 21 November Dalam Sejarah: Peristiwa Penting Dunia Dalam Politik, Olahraga Dan Seni

Baca Juga: Hari Ini – 23 November Dalam Sejarah: Peristiwa Penting Dunia, Ulang Tahun dan Kematian

Baca Juga: Hari Ini – 22 November Dalam Sejarah: Peristiwa Penting Dunia Dalam Politik, Olahraga Dan Seni

Related posts