5 Tanda Hamil Yang Kerap Tidak Disadari

BabatPost.com – Tanda tanda hamil tidak hanya ditunjukkan dengan terlambat haid saja. Sebab, masih banyak ciri lain yang biasanya menandakan kehamilan. Karena itu, sangat penting bagi Ibu untuk mengenali tanda hamil jika sekarang sedang menunggu – nunggu kabar bahagia tersebut.

Tujuan mengetahuinya adalah agar Ibu bisa lebih baik mempersiapkan gaya hidup sehat di masa kehamilan nanti untuk menyambut Si Kecil hadir ke dunia. Terdapat beberapa tanda hamil yang kerap tidak disadari. Apalagi tanda – tanda awal kehamilan kerap mengecoh karena memang mirip dengan ciri menstruasi. Seperti misalnya payudara yang terasa kencang dan membengkak, timbul flek darah, dan kram di perut. Jika Ibu tidak segera mengetahuinya secara pasti, Ibu mungkin saja tidak mengubah kebiasaan sehari – hari yang dapat membahayakan kehamilan.

Umumnya, tanda – tanda hamil muda paling cepat muncul dalam 7-14 hari sejak Ibu telat menstruasi atau paling lambat enam minggu semenjak haid terakhir. Untuk informasi selengkapnya, simak tanda – tanda hamil yang kerap tidak disadari berikut ini !

  1. Terlambat Menstruasi
Berita Terkait :  Lagi, BPOM Sita 4 Juta Produk Pangan Ilegal

Menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti misalnya karena stress, pola makan tidak teratur, atau terlalu lelah. Meski demikian, terlambat menstruasi adalah tanda – tanda kehamilan yang paling jelas dan umum. Bahkan, telat menstruasi juga menjadi ciri hamil yang biasanya paling pertama disadari.

Karena itu, tidak ada salahnya Ibu melakukan tes kehamilan jika terlambat menstruasi sejak berhubungan seks terakhir kali.

  1. Morning Sickness

Selain telat menstruasi, perasaan mual dan muntah di pagi hari yang kerap disebut dengan istilah morning sickness juga menjadi tanda – tanda hamil yang paling awal muncul. Tanda ini umumnya dialami oleh sebagian besar Ibu yang sedang hamil muda.

Berita Terkait :  5 Tips Merawat Wajah Agar Tetap Dingin dan Kering Saat Memakai Masker

Meskipun gejala ini dinamai morning sickness, namun pada kenyataannya mual dan muntah bisa dialami pada siang dan malam hari. Morning sickness terjadi akibat adanya perubahan hormon dalam darah yang menyebabkan rasa sakit pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual.

  1. Sering Buang Air Kecil

Tanda – tanda hamil selanjutnya adalah jadi lebih sering ingin buang air kecil. Hal itu dikarenakan kapasitas kandung kemih menjadi lebih sempit sehingga lebih cepat penuh. Saat hamil, Ibu akan mengalami perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan sirkulasi darah dalam tubuh meningkat. Hal itu membuat ginjal bekerja lebih keras sehingga memproduksi lebih banyak air seni.

  1. Mudah Lelah

Gejala kehamilan berikutnya adalah mudah lelah akibat meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh. Hormon progesteron sendiri adalah depresi alami bagi sistem saraf pusat yang menyebabkan Ibu menjadi mudah mengantuk.

Berita Terkait :  Cara Menjaga Kesegaran Buah Secara Alami

Selama trimester pertama kehamilan, tubuh juga akan bekerja jauh lebih keras untuk memompa hormon dan memproduksi darah lebih banyak agar nutrisi janin terpenuhi. Rasa cemas dan khawatir juga ikut berperan menyerap energi Ibu saat hamil. Itulah sebabnya kenapa Ibu menjadi lebih mudah capek di awal kehamilan.

  1. Rasa Aneh Di Mulut

Salah satu tanda hamil muda adalah munculnya rasa aneh seperti rasa logam didalam mulut. Hal itu terjadi akibat perubahan hormon saat hamil yang juga turut mempengaruhi indera perasa dan penciuman. Perubahan tersebut akan membuat Ibu hamil tidak menyukai makanan tertentu.

Selain itu, masih banyak gejala hamil lainnya yang sering tidak disadari seperti payudara nyeri dan bengkak, kram perut, perubahan mood, rambut rontok, suhu tubuh meningkat, keluar flek atau bercak darah, dan beberapa tanda lainnya.

Related posts