Kelebihan Dan Kekurangan Bila Selai Kacang di Bekukan

Koranindo.com – Aturan konvensional selama ini tidak menganjurkan membekukan selai kacang karena akan menyebabkan minyak dan kandungan zat padat di dalamnya memisah. Jika ini terjadi, kedua bagian tidak akan dapat menyatu kembali meski telah dicairkan. Benarkah?

Pada sebuah percobaan, selai kacang dibiarkan di suhu ruangan selama 24 jam dengan wadah terbuka. Hasilnya, minyak dan zat padat pada selain kacang tidak saling terpisah, seperti dikutip Huffingtonpost.

Tidak ada perubahan dalam rasa, penampilan, atau tekstur yang terlihat saat selai tidak lagi beku. Selai kacang dapat digunakan kembali untuk olesan roti dan kue lainnya.

Mungkin Anda bertanya, apakah selai kacang beku bisa disantap layaknya es krim? Kenyataannya, percobaan selanjutnya menunjukkan jika rasa selai kacang yang dibekukan hanya seperti selai kacang yang sangat dingin. Setelah dicairkan kembali, tekstur dan rasanya tidak berubah.

Meskipun selai kacang bisa dibekukan dan dicairkan kembali, cara penyimpanan seperti ini tidak perlu Anda lakukan. Pasalnya, rata-rata selai kacang yang dijual di pasaran memiliki umur simpan hingga setahun.

Jika ingin berpergian dalam waktu lama, Anda dapat menyimpan selai kacang di kulkas tanpa harus khawatir dengan proses pencairannya. Jika Anda berniat meninggalkan rumah selama enam bulan dan ingin tetap menggunakan selai kacang yang baru saja dibeli saat pulang, Anda bisa menyimpan selai kacang di freezer.

roti selai kacangselai kacangtips menyimpan selai kacang