Inilah Sebab Kuah Gulai Ikan Berbau Amis

Koranindo.com – Kerap kali saat memasak gulai ikan, kuahnya terasa amis. Padahal, proses pemasakannya sudah dilakukan sesuai resep. Mengapa demikian?

Sisca Soewitomo, Praktisi Kuliner Indonesia, mengatakan bila kuah gulai ikan berbau amis, maka ada dua kesalahan yang mungkin dilakukan saat memasaknya. “Kalau kuah gulai ikan jadi amis, itu karena faktor ikan dan pemakaian bumbu yang tidak tepat,”

Penggunaan ikan dalam menu gulai sangat penting diperhatikan. Bila salah memprosesnya, bau amis ikan justru akan meresap ke bumbu gulai sehingga kuahnya menjadi kurang nikmat

“Pembuatan gulai ikan hampir sebagian besar memakai bagian kepala. Bila tidak mendapatkan ikan yang segar, maka bau amisnya akan lebih mendominasi meskipun sudah digunakan bahan untuk menghilangkan bau amis,” jelasnya.

Faktor lain adalah saat pembersihan ikan. Ikan yang didapatkan sudah segar, tapi proses pengolahannya tidak baik, maka aroma amisnya tetap tercium. Pasalnya, aroma amis akan larut di dalam air dan santan.

Terakhir adalah pemakaian bumbu. Dalam membuat gulai ikan, maka bumbu-bumbu harus dipergunakan dengan benar. Pakai bumbu-bumbu beraroma tajam dalam mengolah gulai.

“Gunakan bumbu-bumbu beraroma karena aromanya akan menarik serta menetralisir bau amis yang muncul dari ikan yang digunakan,” tutupnya.

bumbu gulaifulaikulinermasakan gulaisebab gulai