Ke Jogja, Kunjungi Tempat-tempat Ini – Bagian 2

Berlibur ke Yogyakarta rasanya ada yang kurang kalau belum menikmati deburan ombak dan suasana pantai. Deretan pantai selatan yang luas dan keeksotisan pantai-pantai lainnya pasti sangat sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke kota pelajar tersebut, berikut kami berikan sederetan pantai-pantai yang dapat Anda kunjungi, mulai dari yang paling populer hingga pantai-pantai yang masih belum banyak tereskpos oleh wisatawan, baik lokal maupun manca.

Pantai Parangtritis

Siapa yang belum kenal Pantai Parangtritis. Pantai yang letaknya tidak teramat jauh dari pusat kota Yogyakarta tersebut merupakan salah satu pantai yang populer di kalangan wisatawan. Banyak hal yang ditawarkan oleh Pantai Parangtritis tersebut, selain pesona keindahan alamnya. Terdapat wahana permainan ATV yang dapat Anda nikmati, dan juga bagi Anda yang gemar bermain layang-layang, Parangtritis juga merupakan pantai yang cocok bagi Anda untuk melakukannya. Selain itu, bagi Anda yang berlibur bersama pasangan, Anda juga dapat menikmati senja yang romantis sambil memandangi matahari yang terbenam sambil duduk-duduk ataupun berjalan di sepanjang pantai.

Pantai Sundak

Selain Pantai Indrayanti, pantai terkenal lainnya yang juga berada di kawasan pantai selatan Jawa adalah Pantai Sundak. Pantai ini bernama sundak dikarenakan adanya perkelahian antara anjing—atau dalam bahasa Jawa disebut asu—dengan landak, hingga lahirlah nama Sundak, gabungan antara asu dan landak. Yang tidak kalah menarik dari Pantai Sundak ini adalah pasirnya. Berbeda dengan pantai-pantai di deretan Jalan Pantai Selatan Jawa lainnya yang biasanya berpasir hitam, Pantai Sundak ini memiliki pasir putih yang indah dan juga pemandangan alam yang tidak kalah mengesankan.

Pantai Indrayanti

Kawasan Gunung Kidul merupakan surganya para pecinta pantai. Deretan pantai yang eksotis dapat Anda temui di daerah perbukitan di wilayah provinsi Yogyakarta tersebut. Dan salah satunya merupakan Pantai Indrayanti yang sangat populer dengan pasir putihnya. Pantai Indrayanti yang juga bernama Pantai Pulang Sawal ini juga terkenal dengan bukit karang serta air lautnya yang biru jernih. Di malam hari, Anda juga dapat merasakan hembusan angin dan hangatnya pasir pantai sambil memandang deretan bintang di langit.

Pantai Kukup

Selain Pantai Pulang Sawal atau yang lebih akrab disebut Pantai Indrayanti, pantai lain yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Gunung Kidul, Yogyakarta adalah Pantai Kukup. Selain beragam ikan hias air laut yang bisa dinikmati di bibir pantai, Pantai Kukup ini juga terkenal karena pantai ini memiliki suatu pulau karang yang dikenal dengansebutan Pulau Jumino. Pada pulau kecil ini, terdapat sebuah pendopo yang dapat digunakan untuk menyaksikan keindahan panorama Samudra Hindia sambil menikmati suasana pantai yang akrab dengan deburan ombak dan angin. Lebih serunya lagi, untuk bisa sampai ke atas pulau tersebut, pengunjung bisa dengan mudahnya melewati jembatan yang sudah dibangun khusus untuk itu.

Pantai Drini

Gunung Kidul masih menyimpan banyak lagi pantai-pantai lain selain Pantai Indrayanti dan Pantai Kukup, dan salah satunya adalah Pantai Drini. Terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, pantai yang satu ini juga memiliki pulau kecil di tengahnya. Pulau ini juga cukup unik karena dapat membagi pantai menjadi dua bagian dengan dua karakter yang berbeda. Di atas pulau karang tersebut juga terdapat sebuah mercusuar yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan indah yang disuguhkan oleh pantai di Gunung Kidul tersebut. Tidak hanya itu, Pantai Drini juga kaya akan biota laut seperti karang dan juga rumput laut.

Pantai Pok Tunggal

Jika Anda ingin menikmati suasana pantai namun tidak ingin terjebak dalam kerumunan orang-orang yang juga ingin menikmati indahnya pasir putih serta suara ombak yang bersaut-sautan, Pantai Pok Tunggal merupakan jawabannya. Masih terletak di kawasan Gunung Kidul dan tidak jauh dari Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal merupakan pantai tersembunyi yang sangat indah dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Namun, untuk bisa menikmati keindahan pasir putih dan juga sumber air tawar yang terdapat di antara air laut, Anda harus melewati tebing batu dan tebing karang. Pantai Pok Tunggal juga sangat elok ketika matahari hendak meninggalkan cakrawala di sore hari.

 

jogjawisata