Indonesia sedang kembangkan Pesawat tempur KF-X/IF-X

Babatpost.com – Indonesia sepertinya tidak mau tinggal diam dengan teknologi tempur, khususnya dog fight atau pertempuran udara. Resmi bekerja sama dengan KOrea Aerospace Industries Indonesia mengembangkan sebuah pesawat tempur bertipe Kf-X/IF-X yang di gadang-gadang memiliki kemampuan yang sama dengan F-22 milik Amerika.

Penandatanganan dilakukan oleh Dirjen Potensi Pertahanan Timbul Siahaan dan President and CEO KAI Ltd Ha Sung Yong yang disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Baca juga : Jet tempur Amerika siap serang Rusia

Kontrak itu sendiri mengatur soal pendanaan yang wajib dikeluarkan oleh KAI yang sebelumnya sudah diatur dalam kesepakatan projek 6 Oktober 2014 di Surabaya.

Dalam kesempatan yang sama, juga ditandatangani kontrak Work Assignment Agreement (WAA) antara Dirut PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso dengan Ha Sung Yong, tentang partisipasi industri pertahanan Indonesia terkait rancang bangun, pembuatan komponen, prototipe, pengujian sertifikasi hingga aspek bisnis dan legalitas.

Kerjasama ini bersifat berkelanjutan antara kedua negara yang bertujuan menciptakan kemandirian industri pertahanan dalam negeri.

Ha Sung Yong sendiri dalam keterangannya menegaskan komitmen pihaknya untuk menyukseskan program tersebut. Terlebih, proyek ini menelan anggaran paling besar dibanding proyek mereka sebelumnya. “Proyek ini memakan anggaran terbesar dari (proyek) yang pernah dilakukan selama ini,” tegasnya.

Indonesiapesawat tempur