Rio Haryanto dan Manor bawa pulang hasil tes mengesankan, berikut liputannya

Babatpost.com – Rider andalan Indonesia di ajang balap mobil F1 Rio Haryanto baru saja menyelesaikan tes bersama dengan tim Manor. Latihan pramusim yang dilakukan di Barcelona ini ternyata memberi hasil yang cukup lumayan bagi Rio, hal ini juga di amini oleh Chief designer Manor, Luca Furbatto.

Manor menurunkan Pascal Wehrlein saat tes hari pertama dan kedua, lalu giliran Rio Haryanto yang diberi tanggung jawab pada hari ketiga dan terakhir. Tim melewati hampir satu jarak tempuh lomba pada setiap harinya, dengan total jarak tempuh mencapai 1,182 km.

(baca juga : Mobil spesial dari Manor untuk Rio Haryanto)

“Secara keseluruhan, ini adalah sebuah tes positif dengan mobil baru. Tujuan utama tes adalah mengecek instalasi power unit Mercedes dan transmisi Williams sebelum maju ke pekerjaan set-up dasar,” jelas Furbatto,, Jumat (26/2/2016).


“Kami belum pernah memiliki masalah besar dari awal dan tingkat daya tahan telah membuat kami mencapai hampir 300 kilometer jarak tempuh setiap hari – seperti jarak tempuh lomba,” lanjutnya

Rio mengalami sedikit kendala saat hari ketiga dengan mobilnya yang tergelincir di Tikungan Lima. Dia pun mengakhiri tes ketiga dengan hasil yang bisa dibilang kurang membanggakan. Namun, akhirnya pembalap asal Surakarta ini bisa sedikit unjuk gigi saat hari keempat.

Rio kembali ke kokpit untuk hari kedua dan meski programnya harus berakhir lebih awal karena spin dan kerusakan mobil, ia menyelesaikan 51 putaran untuk menutup hari di urutan ke-11 dari 12 peserta. Waktu terbaiknya adalah 1:28.266.

“Kami juga memberikan pembalap-pembalap baru kami latihan dengan baik dalam hal membiasakan diri dengan mobil, meski mereka menjalankan program-program berbeda. Tugas Pascal mungkin lebih berat karena mobil benar-benar baru dan kami harus mencari set-up yang baik untuk menentukan arah pengembangan,” pungkas Furbatto.

F!manorRio Haryantotest