FP2 GP China Mercedes Kehilangan Dominasinya

BABAT POST – Pada hasil latihan bebas pertama atau FP1 GP China menempatkan Nico Rosberg dari tim GP Mercedes ditempat pertama dengan catatan waktu 1 menit 38,037 detik. Ditempat kedua Lewis Hamilton juga dari Mercedes finis dengan catatan waktu 1 menit 38,183 detik.

Sedangkan Sebastian Vettel dari tim GP Ferrari finis ditempat ketiga pada latihan bebas pertama FP1 hari ini dengan waktu 1 menit 38,665 detik.

Sementara pada latihan bebas kedua posisi teratas ditempati pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen. Pembalap Finlandia itu menggeser Nico Roseberg yang sebelumnya tampil tercepat di latihan bebas pertama. Mantan pereli itu menorehkan waktu 1 menit 36,896 detik. Posisi dua diduduki sesama pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dengan selisih waktu 1 detik.

Duo pembalap Mercedes, Roseber dan Lewis Hamilton masing-masing menempati posisi 3 dan 4. Pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo melengkapi urutan lima besar pembalap pada latihan bebas dua.

Mercedes pun kehilangan dominasi di latihan bebas kedua dalam GP China. Nico Rosberg menyebut timnya tak perlu panik dengan situasi itu dan mengakui trek cukup sulit ditaklukkan.

Dalam latihan bebas kedua yang dihelat di Shanghai International Circuit, Jumat (15/4/2016) siang WIB, Ferrari menunjukkan ancamannya. Dua pebalap tim ‘Kuda Jingkrak’ Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel menempati posisi teratas.

Sementara catatan waktu terbaik Rosberg dan rekannya satu tim, Lewis Hamilton, mengikuti di urutan ketiga dan keempat. Padahal dalam sesi latihan pertama, masih yang tercepat.

“Tak perlu panik cuma karena Ferrari cepat. Kami kan tidak tahu berapa banyak bahan bakar yang dihabiskan Ferrari,” kata Rosberg seperti dikutip Crash.

“Kami harus menyelesaikan tugas dengan cermat. Saya gembira kok dengan posisi yang kami dapatkan. Saya yakin masih butuh waktu untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mobil ini.

“Sirkuit di sini cukup berat dan bannya, ya ban sangat cepat rusak sehingga membuat kami harus melakukan set up yang sangat berbeda dengan yang biasa kami gunakan. Itulah kenapa sulit menemukan keseimbangan yang bagus di atas lintasan,” ucap dia.

Untuk Free Practice (FP3) GP F1 Cina 2016, sesuai jadwal akan berlangsung pada hari Sabtu, 16 April. Waktu yang ditentukan untuk mulai latihan bebas ketiga (FP3) adalah pukul 11:00 WIB. Hasil latihan bebas ketiga (FP3) GP Formula 1 (F1) China 2016 akan diketahui setelah pukul 12:00 WIB.

FP2 GP China 2016FP2 GP China Mercedes Kehilangan Dominasinya