3 Top Skorer Timnas yang Masih Aktif Bermain Sepak Bola

BABAT POST – Banyak pemain bola di dunia ini yang bagus ketika bermain. Kompetisi di seluruh dunia tengah memasuki tahap jeda internasional.

Semua pemain pun wajib fokus menjalani tugas bersama timnas masing-masing. Bagi seorang penyerang, tahap ini adalah kesempatan mereka untuk menambah pundi-pundi gol mereka.

Kesempatan mengoleksi gol di timnas tak sebanyak yang didapat dari petualangan bersama klub. Oleh sebab itu hal ini akan menjadi sebuah kebanggaan besar saat seorang pemain sukses menempatkan namanya dalam barisan atas daftar top skorer. Apalagi jika pemain itu masih aktif bermain hingga sekarang.

Ada beberapa top skorer yang statusnya masih menjadi pemain aktif di timnasnya. Berikut adalah lima top skorer timnas yang masih aktif dan layak untuk diketahui:
1. Sunil Chhetri (51 gol-India)

Banyak yang menyebut Chhetri sebagai pemain terbaik dalam sejarah sepak bola India. Ia sudah memulai karier profesionalnya sejak 2002 bersama klub Muhun Bagan. Kemampuannya sebagai pencetak gol sudah terasah sejak dulu.

Bersama Timnas India, petualangan perdananya sudah dimulai sejak 2005. Gol perdananya untuk timnas senior didapat saat melawan Pakistan pada 12 Juni 2005. Sejak itu pula ia langsung menjadi tumpuan Timnas Indonesia dalam mencetak gol.
Performa terbaik pemain kelahiran 3 Agustus 1984 itu diperlihatkan sepanjang 2011. Di tahun tersebut, ia membukukan 13 gol dari 17 laga. Secara keseluruhan, ia sudah memainkan 91 laga dan mencetak 51 gol.

Persembahan Chhetri untuk Timnas India adalah tiga gelar Nehru Cup (2007, 2009, 2012), satu AFC Challenge Cup (2008), dan SAF Championship (2011, 2016). Kontribusinya akan terus diberikan mengingat Chhetri masih aktif bermain untuk Timnas India.
2. Clint Dempsey (52 gol-AS)

Landon Donovan adalah pemain yang memuncaki daftar top skorer Timnas AS dengan koleksi 57 gol. Namun, nama Donovan besar kemungkinan akan digeser. Pasalnya, Donovan sudah memutuskan pensiun dari timnas sejak 2014.
Secara keseluruhan, ia sudah memainkan 130 pertandingan bersama Timnas AS dan mengoleksi 52 gol. Persembahan terbaik Dempsey untuk Timnas AS adalah Piala Emas 2005 dan 2007. Ia juga tiga kali dinobatkan sebagai Atlet Terbaik AS pada 2007, 2011, dan 2012.
3. Wayne Rooney (53 gol-Inggris)

Hampir semua jenjang Timnas Inggris sudah dicicipi Rooney. Tercatat, ia pernah bermain untuk tim U-15, U-17, dan U-19. Namun, ia sempat dilanda kebimbangan kala berusia 16 tahun. Pasalnya, ia ditawari untuk memperkuat Timnas Irlandia karena faktor neneknya yang seorang Irish.

Pada akhirnya, pemain Manchester United itu memilih untuk memperkuat Timnas Inggris. Saat melawan Australia pada 12 Februari 2003, ia pun menjadi pemain termuda yang memulai debutnya bersama Timnas Senior Inggris.

Top Skorer Timnas