Minim Fitur Baru, Tes MotoGP Jerez Tetap Berguna bagi Aprilia

Aprilia tampil dengan motor RS-GP 2021 dalam tes MotoGP Jerez, namun ada pengembangan di sekitar knalpot dan kopling. Sementara Maverick Vinales memiliki bentuk tangki yang direvisi.

Aprilia memasuki era baru keterlibatannya di MotoGP pada tes Jerez. Tidak begitu banyak secara teknis, karena hanya beberapa bagian untuk musim 2022 yang dievaluasi oleh Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Namun ini bisa dipahami mengingat pabrikan Italia tersebut kini beroperasi dengan strukturnya sendiri tanpa bergantung lagi pada Gresini, yang sekarang berkolaborasi dengan Ducati.

Tes pekan lalu merupakan kesempatan bagi dua pembalap Aprilia, ditemani test rider Lorenzo Savadori, untuk melatih gaya berkendara mereka. “Motornya persis sama,” kata Espargaro kepada MotoGP.com.

“Kami punya perbedaan yang sangat kecil, tetapi sebenarnya motor 95 persen sama dengan di Valencia (race final 2021). Jadi sayangnya tak ada sesuatu yang baru. Kami harus tunggu untuk Malaysia (tes pada Februari).”

Di antara perbedaan kecil itu adalah exhaust system (sistem pembuangan) baru, yang menurut Vinales tidak berpengaruh pada perilaku motor. “Ini sangat mirip,” ujar mantan pembalap Yamaha tersebut.

“Anda tidak bisa merasakan perbedaannya. Ada perubahan, itu benar, tetapi dalam berkendara Anda tak dapat merasakan perbedaannya. Jadi itu hal yang positif,” rider berjuluk Top Gun menambahkan.

Dan Vinales mengandalkan tes Jerez untuk melatih gaya berkendaranya dan mendapatkan kenyamanan pada prototipe RS-GP yang belum dikuasainya sejak bergabung dengan Aprilia musim panas lalu.

Guna membantu sang pembalap dalam usahanya mendapatkan posisi yang lebih baik di atas RS-GP, pabrikan Noale pun memodifikasi bentuk tangki untuk tes di Jerez, Kamis-Jumat (18-19/11/2021) lalu.  

“Itulah yang kami uji. Kami tidak mengetes sesuatu yang istimewa di sini (Jerez). Kami hanya bekerja pada posisi agar lebih nyaman dengan motor dan terus menjadi lebih cepat. Itu tujuan utamanya,” kata Vinales.

“Feeling telah meningkat. Kami melakukan banyak lap, kami mengumpulkan banyak informasi. Kami perlu membuat kemajuan untuk tes berikutnya,” rider kebangsaan Spanyol tersebut menambahkan.  

Vinales menjalankan pengujian di Jerez dengan sasis hybrid yang diperkenalkan pada balapan terakhir MotoGP 2021 di Valencia, yang dirancang Aprilia untuk mengumpulkan data menghadapi musim 2022.

“Sejak Valencia saya mengendarai sasis yang berbeda untuk mencoba dan memahami arah (motor) berikutnya dan sepertinya itu cukup jelas, jadi saya senang kami memiliki pikiran dan arah yang jelas.”

Pada sisi lain, Espargaro juga dapat menguji beberapa fitur baru, termasuk kopling guna memberi Aprilia laju yang lebih baik. “Kami melakukan banyak simulasi awal dengan kopling anyar,” ujar sang pembalap.

“Tidak ada yang benar-benar baru. Kami sedikit mengerjakan motornya. Saya tidak terlalu cepat di Jerez. Namun saya sangat menantikan untuk menguji spesifikasi baru yang akan datang di Malaysia.”