Tinggalkan MotoGP, Danilo Petrucci Masuki Dunia Reli Dakar

Pembalap Italia, Danilo Petrucci, bakal memainkan debut di Reli Dakar 2022, usai melakoni balapan terakhirnya pada putaran final MotoGP Valencia lalu.

Keputusan skuad Tech3 KTM Factory Racing yang merekrut juara dunia Moto2, Remy Gardner, dan Raul Fernandez, telah membuat Petrucci kehilangan kursi di kejuaraan dunia balap motor Grand Prix.

Namun, rider berjuluk Petrux itu masih mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan karier dalam roda dua. KTM menawarinya kontrak, yang mana dia bakal menjalani penampilan perdana di Reli Dakar.

Momen kepindahan Petrucci dari MotoGP ke Reli Dakar ini sendiri terbilang unik. Pasalnya, tak banyak pembalap yang beralih dari road racing ke balap off-road dan cross-country.

Adapun, sang rider masih di bawah naungan Tech3 KTM Factory Racing. Yang berbeda kali ini adalah nama kompetisi roda dua yang diikutinya.

Berbicara menjelang Valencia, Petrucci mengatakan, segala sesuatu tentang peralihannya ke reli telah menjadi penyesuaian besar, sembari menggarisbawahi dia belum menentukan seperti apa sisa musim 2022.

“Hal terbesar untuk dipelajari di Dakar adalah segalanya, karena ini benar-benar dunia lain,” tutur pembalap berusia 31 tahun itu.

“Saya kira, dalam latihan selama satu minggu, saya menempuh lebih banyak jarak yang saya lahap sepanjang tahun ini dengan motor MotoGP.

“Jadi, saya benar-benar baru dan untungnya saya memiliki beberapa keterampilan yang cukup bagus untuk berkendara.

“Tetapi navigasinya benar-benar sesuatu yang perlu Anda pahami karena di sini (di MotoGP) kita berbicara tentang meter dan milimeter pada motor.

“Di sana (Reli Dakar), Anda berbicara tentang kilometer, dan Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi.

“Untuk alasan ini, saya akan menjalani Dakar ini, kemudian kami akan duduk dengan KTM dan akan memutuskan apa rencananya untuk tahun depan. Apakah saya senang melakukan balapan semacam ini atau mencoba melakukan sesuatu yang berbeda.

“Tetapi saat ini saya cukup sibuk melakukan itu karena saya membutuhkan banyak waktu untuk pulih dan terutama, untuk memahami bagaimana balapan nanti.”

Pihak penyelenggara Reli Dakar 2022 telah mengumumkan rute sepanjang 8.375 km, dengan Special Stage (SS) berjarak 4.258 km. Start dimulai di Ha’il dan finis di Jeddah, yang berlangsung 1 sampai 14 Januari.

Reli Dakar akan diperhitungkan dalam FIA World Cross-Country Rally Championship yang baru, serta dianggap setara event reli di bawah FIM lainnya.