Valentino Rossi Ingatkan Marc Marquez tentang Batasan

Peraih tujuh gelar MotoGP, Valentino Rossi, memperingatkan Marc Marquez untuk tak selalu mencapai batasannya karena hal buruk bisa terjadi.

Rossi memiliki pengalaman selama 26 tahun di kejuaraan dunia balap motor, dan lebih dari tiga dekade berkecimpung di dunia balap.

Pria 42 tahun tersebut tentu saja mengetahui respons seperti apa yang harus atau tak perlu dilakukan ketika berada di atas motor balap. The Doctor menjadi salah satu pembalap yang kerap menekan motor hingga batas demi mengeluarkan potensi terbaiknya.

Meski begitu, Rossi juga memahami kapan harus menahan diri demi mencegah hal-hal buruk terjadi, dan membuat dirinya tetap normal ketika memutuskan pensiun.

“Kami melakoni olahraga yang berbahaya. Bagi kami, rasa takut sangat penting. Beberapa salah memahami kata ‘takut’,” kata Rossi kepada Dainese.

“Mengatakan ‘aku takut’ agak memalukan. Sebaliknya, sangat penting untuk memahami batasnya.

“Yang terbaik adalah mereka yang berhasil mencapai batas tanpa pernah melebihinya, atau selalu mendekati batasannya. Ini adalah elemen yang sangat penting dalam balap motor.

“Selalu pergi tanpa rasa takut itu tidak baik. Anda memiliki kartu liar yang bisa Anda mainkan, saat-saat ketika Anda merasa baik atau bersemangat, saat Anda bisa melangkah lebih jauh.

“Tetapi, jika Anda selalu berkendara mencapai batas dan melebihinya, sangat logis bahwa cepat atau lambat terjadi sesuatu yang tidak benar.”

Marc Marquez saat ini menjadi pembalap yang selalu mencapai limit. Tapi, sikap itu kadang jadi bumerang yang membuatnya celaka. Ia beberapa kali tercatat sebagai pembalap yang paling sering terjatuh di MotoGP.

Saat ini, pembalap asal Spanyol itu juga harus beristirahat penuh untuk memulihkan kondisinya yang mengalami gangguan mata.

“Untuk mencapai level yang baik, dari waktu ke waktu Anda terjatuh dan melakukan kesalahan. Saya berbicara dari pengalaman saya,” ujar Rossi.

“Saya telah menjalankan sebagian besar hidup saya di dunia balap. Ketika Anda melukai diri sendiri, tubuh Anda tidak akan pernah kembali seperti semula. Itu selalu berubah, bahkan jika itu sedikit. Saya mempelajarinya secara langsung.”

Valentino Rossi beberapa kali mengalami kecelakaan yang membuatnya harus absen dari balapan untuk memulihkan kondisi fisiknya.

Tapi, dalam beberapa tahun terakhir, The Doctor tak terlalu memaksakan dirinya dan hanya bermain aman sepanjang balapan.