Beranda Olahraga Basket Yao Ming Seorang Satpam Mantan Pemain Basket

Yao Ming Seorang Satpam Mantan Pemain Basket

Iklan

Ada banyak hal yang dilakukan oleh para mantan pesohor untuk mengisi kehidupan sesudah masa-masa gemerlapnya. Seorang mantan pemain basket terkenal di Tiongkok mengambil jalan hidup yang lebih cenderung berada di luar sorotan masyarakat.

seorang anggota satpam di kota kecil Jinan ternyata adalah mantan pemain basket tingkat CBA (Chinese Basketball Association) atau Liga Bola Basket Tiongkok. Pemuda setinggi 2,1 meter bernama Xie Zhiming (33) itu mulai bermain bola basket sejak sekolah menengah pertama. Yao Ming adalah pemain bola basket asal Tiongkok pertama yang bermain di kompetisi NBA. Sejak pertama kali masuk NBA pada tahun 2002 hingga pensiun, dia bermain di klub Houston Rockets. Bersama Gheorghe Muresan, Manute Bol, dan Shawn Bradley ia menjadi pemain basket tertinggi di kompetisi NBA dengan tinggi tubuh mencapai 229 cm.

Dalam masa primanya ia bahkan sempat termasuk dalam anggota tim profesional Zhejiang Golden Balls. Namun dengan tubuh tegap dan ketinggian di atas rata-rata, siapa yang pernah menyangka basket bukan profesi incarannya– ternyata Xie pernah mencoba mendaftar menjadi tentara.

Ketika pensiun dari dunia olahraga dan pulang ke kampung halamannya di Jinan, ia mendaftarkan diri sebagai anggota kesatuan pengamanan. Xie tampak bertugas di sejumlah lokasi di pusat kota bersama rekan-rekannya.

Seorang anggota satuan pengamanan di kota Jinan menarik begitu banyak perhatian.

Namun, tubuh yang tinggi, tak heran jika para penggemarnya masih banyak yang mengenalinya, dan ia pun kembali menjadi perbincangan. Tak heran jika banyak kaum wanita kerap mendatanginya untuk minta berfoto bersama.

Xie kembali dikenal dengan tugas barunya, ia bahkan mendapatkan julukan ‘Satpam Yao Ming’ dalam dunia keamanan masyarakat. Untuk diketahui, Yao Ming adalah pemain basket asal Tiongkok yang sukses meniti karir bola basket di NBA (National Basketball Association).

Di luar prestasinya dalam dunia basket, Yao Ming dikenal sebagai seorang filantropis. Salah satunya ditunjukkan ketika dia menyumbang sebesar 2 juta dolar AS kepada korban gempa bumi Sichuan serta membentuk sebuah yayasan untuk membangun sekolah di wilayah terssebut.