Camp Pengungsi Suriah Tak Luput Dari Serangan Bom, 5 Orang Tewas

  • Share

Babatpost.com – Camp Pengungsi Suriah Tak Luput Dari Serangan Bom, 5 Orang Tewas, KOnflik yang terjadi di Negara Suria ternyata juga sedikit merembet di Negara Perbatasannya yakni Yordania. Bahkan Serangan yang terjadi ada di sebuah Kamp Pengungsian Suriah di perbatasan keduia negara tersebut. Ada Lima Orang tewas dalam serangan tersebut.

“Sebuah ledakan menghantam pusat distribusi bantuan di pinggir kamp pengungsi al-Rukban, dekat dengan pos pemeriksaan yang diawaki oleh Tentara Pembebasan Suriah Jaish Ahrar al-Ashair,” kata sumber-sumber lokal kepada The New Arab, Minggu (18/12/2016).

Berita Terkait :  Gempa Bumi 7.7 SR Mengakibatkan Tsunami di Kota Palu.

Sumber tersebut mengatakan ledakan itu disebabkan oleh bom rakitan atau IED, yang diyakini ditanam oleh gerilyawan kelompok Negara Islam (ISIS). Kelompok ini sebelumnya telah menyerang kamp pengungsi tersebut.

Sebuah sumber pemerintah Yordania mengatakan ledakan itu terjadi di dalam wilayah Suriah, jauh dari perbatasan Yordania. Pihak berwenang Yordania mengklaim kamp Rukban, yang menampung lebih dari 75.000 pengungsi Suriah, telah disusupi oleh penjahat, penyelundup dan ekstremis. Seorang juru bicara pemerintah bahkan menggambarkannya sebagai sebuah kantong ISIS.

Berita Terkait :  Sejarah Teks Naskah Sumpah Pemuda Sudah Sejak 89 Tahun Silam

Kerajaan Yordania telah menutup perbatasannya dengan Suriah pada bulan Juni lalu. Pemicunya adalah serangan lintas perbatasan mematikan yang diklaim oleh ekstrimis ISIS, menewaskan tujuh anggota pasukan keamanan Yordania.

Keputusan ini menyebabkan ribuan warga Suriah terjebak di antara zona perang dan perbatasan yang ditutup, tanpa akses ke makanan, air, dan obat-obatan. Kondisi ini menjadi semakin mengerikan, dimana para pejabat bantuan melaporkan penyebaran penyakit, termasuk batuk rejan dan hepatitis.

Hampir 5 juta warga Suriah telah melarikan diri dari perang saudara di negara mereka sejak 2011, termasuk hampir 660.000 yang menetap di Yordania.

  • Share