Jangan Konsumsi Minuman ini Jika Telah Lewat Masa Kadaluarsanya

BABAT POST – Terkadang mungkin Anda tanpa sengaja pernah minum susu kemasan kotak di kulkas yang ternyata sudah lewat tanggal kedaluarsa, dan tidak terjadi apa-apa. Kalau begitu, apa sebenarnya fungsi tanggal kedaluarsa?

Bila kita jeli, dalam kemasan makanan dan minuman biasanya akan dilengkapi tanggal kedaluarsa atau terbaik dikonsumsi sebelum (best before dates).

Menurut Don Schaffner, profesor ilmu pangan, tanggal kedaluarsa biasanya didasarkan pada kualitas produk, dan bukan risiko kontaminasi.

Sementara itu tanggal terbaik dikonsumsi menunjukkan kepada konsumen kapan kualitas dan rasa produk ada puncaknya. Sesudah tanggal yang tertera akan terjadi penurunan kualitas.

Memang ada produk yang tetap bisa dikonsumsi dan tidak menimbulkan keluhan walau sudah melewati tanggal kedaluarsa. Syaratnya, produk itu disimpan dalam tempat yang kering, tidak terkena panas matahari, atau di dalam kulkas.

Walau begitu, ada 4 jenis minuman yang sebaiknya tidak lagi dikonsumsi setelah tanggal kedaluarsa.

Berita Terkait :  5 Tips Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Aman

1. Semua yang mentah
Minuman mentah, seperti susu yang dibeli langsung dari peternakan atau jus sayuran mentah, bisa saja mengandung patogen.

“Susu yang tidak dipasteurisasi bisa menjadi tempat perkembangbiakan bakteri listeria, bahkan di kulkas,” kata Kathleen Glass, direktur Food Research Institute di Universitas Wisconsin.

2. Jus sayuran 100 persen
Jus buah cenderung bersifat asam, misalnya apel, anggur, orange, atau tomat. Asam adalah proteksi yang bagus melawan patogen dalam makanan karena bakteri jadi sulit bertahan.

Sebaliknya dengan sayuran segar yang tidak dicampur dengan buah. Jus ini bisa tidak aman untuk diminum setelah kedaluarsa.

3. Minuman pasteurisasi dingin
Pasteurisasi dingin merupakan proses membunuh bakteri tanpa menggunakan panas. Berbeda dengan pasteurisasi biasa, metode ini dapat menghilangkan bakteri tanpa mengurangi nutrisi di dalamnya.

Berita Terkait :  Wow, Tomat Terbukti Kurangi Risiko Kanker Kulit

Walau begitu para ahli mengatakan metode pasteurisasi dingin (high-pressure processing/HPP), kurang efektif dan umur simpannya lebih pendek. Terutama jika produk itu tidak mengandung buah.

4. Produk yang penyimpanannya sembarangan
Suhu yang tepat adalah kunci menjaga kualitas semua produk yang diharuskan disimpan dalam kulkas. Hindari membeli produk minuman yang penyimpanannya sembarangan, misalnya suhu kulkas kurang dingin atau malah dibiarkan di suhu ruangan.

Dan berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang masih bisa dikonsumsi meski sudah melewati batas kadaluarsa seperti yang dilansir dari laman timesofindia.com.

1. Soda
Soda termasuk satu dari jenis minuman yang masih bisa dikonsumsi meski melewati batas kadaluarsa. Selama wadah atau botol yang menyimpan minuman tersebut tidak terbuka atau rusak, maka soda masih bisa dikonsumsi hingga satu bulan setelah tanggal kadaluarsa.

Berita Terkait :  Manfaat Tidur Menyamping

2. Mentega
Tidak seperti produk susu yang berbahaya jika dikonsumsi saat melebihi tanggal kadaluarsa. Mentega masih bisa dikonsumsi meski telah lewat masa kadaluarsanya, selama Anda belum membuka bungkus atau kemasannya.

3. Keripik
Asalkan kemasannya tertutup rapat dan kondisi keringnya terjaga, keripik masih bisa bertahan dan aman dikonsumsi meski melewati batas waktu kadaluarsa yang ditentukan. Kemasan yang tertutup rapat dan kondisi keripik yang tetap kering mencegah bakteri berkembang cepat.

4. Sereal
Sereal yang telah melewati batas kadaluarsa maksimal sampai 1 bulan, masih aman dikonsumsi asalkan kemasannya masih tertutup rapat.

5. Ayam beku
Meski sudah lewat batas kadaluarsanya, daging ayam yang dibekukan masih bisa dikonsumsi. Asalkan kondisi bekunya tidak berubah. Anda bisa memasaknya seperti biasa tanpa harus mengolah ayam tersebut dengan cara khusus.

Related posts