Beranda Pilihan Editor Festival Terbaik di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Festival Terbaik di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

BERBAGI
Festival Budaya Nias
sumber:era-wisata.blogspot.co.id
Advertisement BabatPost.com

BabatPost.com – Pengen liburan yang nggak biasa dan berkesan? Coba deh lihat festival kebudayaan yang kerap digelar di berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya mengikuti keramaiannya, festival budaya juga akan menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang budaya di negeri ini. Tentunya bikin makin cinta sama Indonesia.

Masih blank mau datang ke festival mana saja? Cek daftar berikut ini yuk, semuanya adalah festival terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi.

Festival Danau Toba

Datanglah ke Danau Toba ketika musim festival tiba, dan kamu akan mendapatkan pemandangan luar biasa yang tidak akan ditemui di hari-hari biasanya. Pertunjukan budaya berlangsung selama beberapa hari, dengan beragam acara yang menarik. Festival ini sudah ada sejak tahun 1980-an dan selalu memberikan pertunjukan menarik setiap tahunnya.

Festival Karapan Sapi, Madura

Tak lengkap rasanya jika ke Madura tapi belum pernah melihat karapan sapi secara langsung. Biasanya festival ini diselenggarakan antara bulan Agustus atau September, tidak memiliki waktu tepat setiap tahunnya, namun dipastikan selalu ada.

Festival Lembah Baliem

Festival Lembah Baliem
sumber:picssr.com

Ingin merasakan sensasi melihat perang suku di Papua, datanglah ke Lembah Baliem di bulan Agustus. Tiga suku yang ada di sana, Suku Dani, Suku Lani dan Suku Yani menggelar festival perang yang menjadi lambang kesuburan dan kesejahteraan. Tentu saja perangnya hanya sekedar simbolis saja, dengan banyak keriuhan yang tidak akan kamu temui di hari biasa.

Tak perlu takut dengan harga tiket mahal kalau ke Papua. Dengan Sriwijaya Air, kamu bisa mendapatkan tiket murah tanpa perlu menunggu promo, termasuk tiket ke Papua.

Festival Budaya Dieng

Gunung Dieng memiliki sisi magis yang tidak terbantahkan, dan akan semakin terasa ketika kamu ke sana waktu Festival Budaya Dieng digelar. Biasanya festival ini diselenggarakan pada bulan Februari, namun jadwal pastinya berbeda setiap tahun.

Tak sulit menuju Dieng. Naiklah pesawat Sriwijaya tujuan Yogyakarta, lalu menempuh perjalanan darat menuju Wonosobo. Selain menikmati festival yang ramai, kamu juga akan menemui pemandangan mengagumkan di Gunung Dieng.

Festival Teluk Jailolo

Di acara ini kamu akan melihat bagaimana kayanya budaya di Halmahera dan Maluku. Ketika hari festival tiba, ribuan masyarakat tumpah ruah memeriahkan acara yang diselenggarakan setahun sekali ini. Selain parade budaya, juga ada banyak kompetisi di Festival Teluk Jailolo.

Festival Budaya Nias

Festival Budaya Nias
sumber:era-wisata.blogspot.co.id

Pada festival budaya inilah kamu bisa melihat secara langsung acara lompat batu yang menjadi budaya khas penduduk setempat. Lompat batu sendiri adalah sebuah perlambang bahwa seorang lelaki Nias sudah dewasa jika ia sukses melompati susunan batu itu. Selain itu juga ada pertunjukan budaya lain yang nggak kalah serunya di Nias. Bonus pemandangan alam yang indah dan ombak pantai tinggi menggulung, menarik untuk diselancari.

Festival Kasada, Tengger

Festival Kasada, Tengger
sumber:triptrus.com

Upacara kebudayaan ini berlangsung secara rutin setiap tahun di Tengger, Bromo. Meski merupakan acara adat kepercayaan, namun upacara Kasodo selalu menarik perhatian wisatawan dari dalam dan luar negeri. Selain upacara inti, ada beberapa kegiatan lain yang biasanya digelar masyarakat Tengger ketika upacara Kasodo.

Menuju ke Bromo pun tak sulit. Kamu bisa naik Sriwijaya ke Malang atau Surabaya. Setelah itu melanjutkan perjalanan darat ke Bromo dengan jeep. Yang perlu diingat adalah ketika Kasodo tiba, biasanya jumlah wisatawan membludak, kamu harus bersiap memesan hotel dan jeep sejak jauh hari sebelumnya.