Otoritas Amerika Serikat FBI Menangkap Admin Komunitas Peretasan Online BreachForums

Conor Brian Fitzpatrick

babatpost.com – Tempat hacker Bjorka menjual data peretasan BreachForums sedang dilanda masalah serius karena Otoritas Amerika Serikat FBI menangkap Admin Komunitas Peretasan Online BreachForums.

Admin BreachForums bernama Conor Brian Fitzpatrick alias Pompompurin, ditangkap di rumahnya di New York pada hari Rabu pekan lalu, dan didakwa dengan konspirasi untuk melakukan penipuan perangkat akses, menurut pengajuan di pengadilan.

Read More
Berita Terkait :  Benarkah Korea Utara Menjadi Salah Satu Dalang Dalam Penyebaran Virus WannaCry

BreachForums sendiri merupakan komunitas peretas yang di Indonesia, dikenal sebagai situs tempat hacker Bjorka kerap membagikan dan menjual data-data instansi pemerintah Tanah Air.

Dalam pernyataan tersumpah, agen FBI yang terlibat dalam kasus ini mengatakan Fitzpatrick mengaku memiliki BreachForums saat ditangkap, dan mengidentifikasi dirinya sebagai Pompompurin.

Dikutip dari The Verge, Senin (20/3/2023), Pompompurin membuat BreachForums, setelah FBI menyita RaidForums, situs forum hacker serupa, yang juga kerap menjual data-data yang bocor.

Pompompurin disebut terlibat dalam sejumlah pelanggaran data, dengan kebanyak di antaranya menargetkan FBI.

Berita Terkait :  Gawat! 19 Juta Data BPJS Ketenagakerjaan Indonesia Diduga di Retas Bjorka

Tahun 2021, Pompompurin bertanggung jawab atas peretasan yang mengirimkan ribuan peringatan keamanan dunia maya palsu, dari alamat email FBI.

Ia juga terkait dengan pelanggaran Infragard, program berbagi informasi FBI, yang tujuannya untuk meningkatkan kesadaran tentang ancaman fisik dan digital terhadap organisasi pemerintah dan perusahaan independen.

Dilaporkan Bleeping Computer, Pompompurin juga terkoneksi dengan kebocoran data Robinhood di 2021, yang mengungkap informasi jutaan penggunanya, serta kebocoran handle pengguna Twitter dan alamat email pada November 2022.

Berita Terkait :  Wow! Bjorka Terancam Penjara 5 Tahun Atau Denda Rp 5 Miliar

Namun, unggahan teranyar di BreachForums menunjukkan, situs ini akan tetap aktif dan berjalan di bawah kepemilikan baru, setidaknya untuk sekarang.

Laporan Bloomberg, usai ditangkap FBI, Fitzpatrick dibebaskan dengan obligasi USD 300 ribu pada hari Kamis, dan akan dihadirkan di pengadilan Virginia pada 24 Maret 2023 mendatang.

Related posts