Ke Jogja, Kunjungi Tempat-tempat Ini – Bagian 1

Dalam waktu dekat, mungkin sudah tidak ada lagi long weekend seperti yang terjadi di beberapa minggu yang lalu. Namun, tidak ada salahnya bagi kita untuk mempersiapkan dahulu apa yang akan kita lakukan di kala liburan mendatang supaya persiapan dan segalanya jadi lebih matang. Jika ingin berlibur di dalam negeri, Indonesia memiliki segudang tujuan wisata yang menarik, dari yang harus menguras kantong cukup dalam hingga yang murmer, atau murah meriah. Salah satu daerah yang terkenal sebagai tujuan wisata di Indonesia yang juga merupakan salah satu tujuan wisata di Asia adalah Yogyakarta. Memang, Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar, namun tidak sedikit juga tempat-tempat rekreasi yang bisa Anda kunjungi dan nikmati bersama keluarga, pasangan, maupun sahabat.

Namun, jika Anda masih bingung tempata mana saja yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke Yogyakarta, berikut merupakan deretan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selagi berada di kota gudeg tersebut.

Kraton Yogyakarta

Sebagai salah satu daerah yang masih memiliki kerajaan, Yogyakarta cukup dikenal dengan kratonnya yang juga menjadi salah satu objek wisata. Kraton yang pada bagian-bagian tertentunya dibuka untuk umum, merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika Anda ingin mengetahui lebih dalam kebudayaan Jawa, khususnya wilayah Yogyakarta, termasuk mengenai konsep bangunannya. Salah satu bagian dari Kraton Yogyakarta yang populer adalah alun-alun yang cukup ramai dikunjungi baik di siang maupun malam hari.

Berita Terkait :  Fantastis!! 12 Negara Meluncurkan 47 Blogger Sejati Untuk Eksplorasi Pariwisata Jakarta

Benteng Vredeburg

Tidak jauh dari Kraton Yogyakarta, dan dekat dengan pusat keramaian Malioboro, terdapat salah satu benteng bersejarah yakni Benteng Vredeburg. Bagi Anda yang berjiwa patriotik dan ingin tahu lebih banyak tentang perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan Indonesia, Benteng Vredeburg merupakan salah satu tempat di Yogyakarta yang harus dikunjungi karena sarat akan koleksi diorama perjuangan. Tidak hanya itu, bagi Anda yang mengagumi budaya dan kesenian, atau bagi Anda yang hanya sekedar ingin mencari tontonan, biasanya di bulan Juni-Juli, akan terdapat Festival Kesenian Yogyakarta yang berlokasikan di Benteng Vredeburg. Juga, bagi Anda yang ingin menikmati kuliner Indonesia maupun barat dengan suasana klasik, mampirlah ke Café Indische Koffie yang buka pada pukul 09.00 hingga 23.00.

Taman Pintar

Berita Terkait :  Malam Ngopi di Tepi Sungai, Pagi Rafting di Pinus Songgon Banyuwangi

Apabila Anda pergi berlibur ke Yogyakarta bersama putra-putri Anda, Taman Pintar yang berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, atau tepatnya di belakang Benteng Vredeburg, merupakan salah satu lokasi yang harus Anda kunjungi. Tidak hanya berekreasi, tapi anak-anak juga dapat belajar mengenai ilmu pengetahuan dari Taman Pintar tersebut. Terdapat beberapa zona yang menyuguhkan wahana permainan sekaligus edukasi seperti wahana bahari, gedung planetarium, dan juga desaku permai. Hingga saat ini, terdapat 35 zona serta 3.500 alat peraga permainan edukatif yang dilengkapi dengan teknologi interaktif digital dan pemetaan video. Jika pada mulanya anak Anda kurang menggemari sains, dijamin setelah berkunjung ke Taman Pintar mereka akan lebih tertarik dengan ilmu pengetahuan.

Pasar Beringharjo

Masih di kawasan Malioboro, tepatnya di samping Benteng Vredeburg, terdapat pasar Beringharjo yang menyediakan beragam batik dan pernak-pernik lainnya, termasuk perangkat busana pengantin Jawa. Pasar Beringharjo juga merupakan pasar tertua dan memiliki cukup memiliki nilai historis serta filosofis. Seperti pasar-pasar tradisional pada umumnya, Anda pun dapat menawar harga barang yang ditawarkan.

Berita Terkait :  Inilah 5 Oleh-oleh yang Wajib Anda Bawa dari Medan

Malioboro

Jika Anda belum puas berbelanja di Pasar Beringharjo, Malioboro juga menyediakan beragam pernak-pernik cinderamata, seperti batik, kerajinan, pakaian khas Yogyakarta, dan masih banyak lainnya. Di sepanjang bahu Jalan Malioboro, para pedagang berjajar menawarkan barang dagangan mereka yang cukup murah meriah dan selalu dibanjiri oleh pengunjung. Tapi pastikan Anda menawar dulu harga barang tersebut agar bisa benar-benar mendapatkan harga yang murah meriah. Tidak hanya di emperan, namun Jalan Malioboro juga penuh dengan toko-toko yang menjual segala pernak-pernik tentang kota gudeg tersebut. Jika di siang harinya Anda sudah puas berbelanja namun masih ingin tinggal dan menikmati suasana Yogyakarta, Malioboro di malam hari juga menyuguhkan sederet kesenian serta kuliner yang pastinya tetap menarik perhatian wisatawan.

 

 

Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More