Perkembangan Virus Corona Covid-19 di Asia, Khususnya Asia Tenggara

  • Share
Perkembangan Virus Corona di Asia

Perkembangan virus Corona di Asia, khususnya di Asia Tenggara mengalami perkembangan yang semakin meningkat. Bahkan, Indonesia sempat mencetak rekor harian yang mencapai angka 14 ribu lebih. Berikut berita lainnya dari berbagai negara ASia, khususnya Asia Tenggara.

Malaysia

Fasilitas vaksinasi Stadion Nasional Bukit Jalil diharapkan mulai beroperasi mulai 21 Juni, kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Reezal Merican. Stadion ini memiliki kapasitas untuk mengelola hingga 10.000 suntikan vaksin virus Corona per hari. Sebanyak 5.510.720 dosis telah diberikan pada hari Jumat. Menteri Kesehatan Malaysia, Adham Baba mengatakan, karena pembukaan pusat fasilitas vaksin baru akan meningkatkan kemampuan imun Malaysia.

Cina

Ratusan penerbangan dibatalkan dan sebagian kota telah melakukan lockdown di Cina Selatan ketika provinsi Guangdong mengalami peningkatan infeksi Covid-19. Otoritas kesehatan di Guangdong melaporkan enam kasus baru Covid-19 pada Sabtu. Dua di antaranya berasal dari Shenzhen dan masing-masing satu di Dongguan dan Foshan, kata The South China Morning Post.

Wabah Covid-19 di selatan negara itu juga dapat menyebabkan peningkatan biaya transportasi yang dapat memicu inflasi dan menyebabkan kekurangan barang di seluruh dunia. Menurut Drewry Shipping, mengangkut kontainer baja sepanjang 40 kaki melalui laut dari Shanghai ke Rotterdam sekarang menelan biaya $ 10,522, yang tiga kali lebih tinggi daripada tahun lalu, kata The Guardian.

Berita Terkait :  Wakil Ketua MPR ajak warga bangkitkan semangat juang lawan COVID-19

Thailand

Pejabat kesehatan telah memulai uji klinis pada manusia dengan dua dari empat kandidat vaksin yang dikembangkan secara lokal untuk melawan virus. Thailand berjuang untuk mendapatkan suntikan dari negara lain setelah gelombang infeksi terburuk sejak pandemi pecah. Untuk saat ini, Thailand mengandalkan kombinasi perawatan dari perusahaan farmasi luar negeri untuk mencapai kekebalan pada akhir tahun.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesehatan Reproduksi Departemen Kesehatan Thailand menyarankan bahwa seks adalah risiko kesehatan selama pandemi dan orang-orang harus menghindarinya. Pejabat kesehatan juga memperingatkan orang-orang harus menghindari hubungan seks dengan orang asing di saat-saat yang berisiko dan tidak pasti ini. Virus Corona, seperti penyakit menular seksual, dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak intim. Bahkan dengan seseorang yang tidak memiliki tanda-tanda virus yang jelas, kata Thaiger News.

Perkembangan Virus Corona di Asia

Filipina

Pengiriman vaksin virus Corona gelombang pertama Moderna telah ditunda karena masalah logistik, menurut CNN Filipina. Alih-alih datang pada 21 Juni, pelaksana vaksin Filipina Carlito Galvez Jr. mengatakan kedatangan 250.000 dosis di negara itu telah dipindahkan ke 25 Juni.

Berita Terkait :  Puan minta pemerintah pastikan bantuan sampai kepada rakyat

“Masalah yang kami hadapi adalah transportasi dan tantangan logistik. Hanya tertunda empat hari dan itu normal. Kami tidak bisa menghindari penundaan,” kata Galvez.

Filipina sempat mengatakan pihaknya mendorong untuk memposisikan negara itu sebagai tujuan yang aman, menyenangkan dan kompetitif. Walaupun krisis kesehatan dunia terus berlanjut. Para pejabat mengatakan akan membangun kembali kepercayaan pariwisata. Dan menumbuhkan permintaan pasar lokal dan asing dalam dua tahun ke depan untuk membantu industri pulih dari dampak negatif virus Corona ini.

“Ini akan dicapai dengan mengembangkan dan memasarkan portofolio produk yang memanfaatkan anugerah alam dan budaya. Untuk memberi manfaat bagi generasi pariwisata sekarang dan masa depan,” kata ABS-CBN News.

Indonesia

Negara tersebut akan mendapatkan 50 juta dosis vaksin yang diproduksi bersama oleh Pfizer dan BioNTech. Gelombang pertama diharapkan tiba pada Agustus, kata seorang pejabat senior kementerian kesehatan, Sabtu. Indonesia menargetkan bisa menyuntik 182 juta orang pada tahun depan. Hingga Sabtu, 12,2 juta orang menerima dua dosis vaksin lain, kata pejabat kesehatan. Sejauh ini, penderita virus Corona Indonesia telah melewati angka 2 juta. Indonesia sempat mencapai kasus harian tertinggi mencapai 14.536 kasus, yang memecahkan rekor tertinggi selama pandemi ini.

Berita Terkait :  Izin Penggunaan Vaksin Pfizer Terbit, Efikasi Pada Usia Remaja Sampai 100%

Singapura

Beberapa orang di Singapura mulai menerima vaksin virus Corona yang diproduksi oleh Sinovac China di klinik swasta pada Sabtu. Bahkan ketika salah satu pejabat kesehatan negara bagian itu meragukan keamanan dan kemanjuran dari vaksin virus Covid-19 ini.

“Itu memberi kesan bahwa efektivitas vaksin yang berbeda akan sangat bervariasi,” The Straits Times mengutip perkataan Kenneth Mak, kepala layanan medis Singapura.

Perkembangan Virus Corona di Asia

Vietnam

Vietnam mencatat 109 kasus Covid-19 lokal baru pada hari Sabtu di delapan wilayah. Dengan kasus di Kota Ho Chi Minh mengikuti wilayah yang paling parah terkena kedua, Bac Ninh. Bac Giang, Bac Ninh, dan Ho Chi Minh menyumbang sebagian besar infeksi, dengan 5.114, 1.499 dan 1.450, VNExpress melaporkan.

India

Bulan ini, regulator kesehatan Brasil Anvisa dilaporkan memberikan otorisasi bersyarat untuk impor 4 juta dosis Covaxin yang diproduksi oleh Bharat Biotech India. Ini terjadi setelah regulator menolak sertifikat untuk praktik manufaktur yang baik untuk pabriknya pada bulan April.

  • Share