Tips Membuat Kasur Tetap Adem di Musim Kemarau

BabatPost.com – Salah satu hal yang membuat tidur kurang nyenyak saat udara sedang panas adalah kondisi kasur yang ikut panas. Akibatnya, tubuh terus berkeringat dan membuat lengket. Alih-alih bisa tidur, mandi merupakan hal yang ingin dilakukan karena tubuh sangat tidak nyaman. Karena itulah membuat kasur adem saat cuaca sedang panas atau di musim kemarau cukup penting untuk dilakukan.

Apalagi di Indonesia memiliki iklim tropis, jadi selama setengah tahun Anda akan merasa kegerahan. Guna membuat kasur dalam kondisi yang adem, ada berbagai hal yang bisa diusahakan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kasur tetap adem meski saat musim kemarau.

Dinginkan dengan Pendingin Ruangan

Salah satu cara termudah untuk membuat tempat tidur tetap dingin adalah dengan menyalakan pendingin ruangan atau AC. Tidak hanya tempat tidur saja, seluruh ruangan akan jadi sejuk seketika. Namun jika terus menerus dinyalakan, pengeluaran listrik jadi membengkak. Supaya bisa terkontrol, Anda bisa menggunakan fitur timer.

Sementara jika Anda yang tidak memiliki AC, bisa memilih alternatif lain seperti exhaust fan. Selain bisa mendinginkan ruangan, juga akan ampuh menghilangkan kelembaban berlebih sekaligus membuat udara senantiasa sejuk. Jika masih tidak mampu membeli exhaust fan, Anda juga bisa memanfaatkan kipas angin. Namun, usahakan jangan terlalu lama terpapar kipas angin langsung ke tubuh, bisa memengaruhi kesehatan.

Berita Terkait :  Segala hal yang anda perlu ketahui tentang Seks di Olimpiade Rio 2016

Pilih Sprei dan Sarung Bantal Bahan Katun

Tips lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih bahan kain yang dingin untuk sprei atau sarung bantal. Ada banyak sekali bahan kain yang dingin dan nyaman di kulit. Contoh utamanya adalah katun, bisa katun korea (CVC), katun jepang, katun catra, sampai katun panca.

Jika Anda kurang suka dengan katun, bisa pilih bahan lainnya yang tidak kalah dingin. Beberapa contohnya adalah bahan TC, sutra, twill, tencel, dan juga jacquard sutra. Tentunya, semua bahan yang disebutkan memiliki harga masing-masing, semakin bagus harganya akan semakin tinggi. Jadi, jika kenyamanan yang Anda inginkan, harga harus dikesampingkan.

Matikan Lampu saat Hendak Pergi

Keberadaan lampu di dalam kamar memang membuat ruangan jadi lebih terang. Namun, jika cuaca panas yang ekstrim datang, lampu juga bisa membuat ruangan dan tempat tidur jadi terasa pengap. Apalagi jika Anda memiliki lampu dengan watt yang besar, akan menjadi tambah panas lagi. Bisa tambah gerah lagi jika di dalam kamar tidak ada pendingin ruangan.

Supaya lampu tidak membuat kamar jadi terasa panas, ada baiknya untuk mematikannya jika sedang ditinggal. Jika tidak terlalu butuh pencahayaan pun sebaiknya jangan dinyalakan. Di malam hari supaya tidur makin nyaman, lampu juga sangat disarankan untuk dimatikan. Jika Anda adalah tipe yang tidak bisa tidur tanpa lampu, lebih baik gunakan lampu tidur yang cahayanya tidak terlalu terang.

Berita Terkait :  Efektifkah Topi Lindungi dari Bahaya Sinar Matahari?

Semprot dengan Air Sebelum Tidur

Di luar sana ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan membasahi kakinya terlebih dahulu sebelum tidur. Tujuannya untuk membuat kaki jadi lebih dingin dan tidur makin pulas. Hal ini bisa dicontoh, Anda bisa menyemprot kasur yang sudah dilapisi sprei dengan sedikit air. Bisa menggunakan air biasa, atau dicampur dengan aroma terapi yang membuat tidur semakin rileks.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan baju tidur yang nyaman dan tidak terlalu tebal. Pilih warna-warna yang tidak menyerap panas seperti putih. Jangan malah mengenakan baju berwarna hitam yang akan membuat tidur makin gerah.

Pilih Sprei dengan Bahan Breathable

Jika memungkinkan, juga sangat disarankan untuk memilih sprei, sarung bantal, dan sarung guling yang memiliki bahan breathable. Secara mudahnya, kain breathable akan membuat sirkulasi udara jadi lebih baik. Sangat disarankan bagi Anda yang selama ini selalu kegerahan saat tidur.

Bahan yang sekarang sedang banyak diburu karena memiliki tingkat breathability yang tinggi adalah serat bambu. Bahkan jika dibandingkan dengan katun, bisa lebih baik mengatur suhu udara. Selain membuat kasur lebih dingin, serat bambu juga mengandung bahan anti mikroba sekaligus sangat lembut jika terkena kulit.

Berita Terkait :  Negara Anti Selfie Sedunia

Jangan khawatir, sekarang ini sudah banyak sekali sprei dari berbagai merek ternama yang memanfaatkan serat bambu. Anda tinggal memilih sprei atau bedcover mana yang akan dipilih. Bisa disesuaikan dengan motifnya atau ukurannya. Harganya juga beragam, jika memiliki budget yang banyak bisa memilih dari brand-brand berkualitas tinggi.

Pilih Kasur dengan Cool Fiber Technology

Jika sedang tidak ingin mengganti tempat tidur, Anda bisa melapisinya dengan matras dengan teknologi Cool Fiber. Dengan begini, permukaan tempat tidur akan lebih sejuk atau dingin. Bahkan, kecepatannya dinginnya akan berkali-kali lipat dibandingkan dengan berbagai bahan sejuk yang sudah disebutkan di atas.

Lakukan berbagai cara di atas supaya Anda bisa tidur di kasur yang dingin dan sejuk. Jika sedang mencari rekomendasi sprei, matras, atau alat perlengkapan tidur lainnya, jangan ragu untuk belanja di Blibli. Segudang kemudahan akan didapatkan, bebas antrean, tawarkan banyak promo menggiurkan, metode pembayaran lengkap, aplikasinya aman dan sangat mudah digunakan.

Related posts