Beranda Berita Sayap ayam yang diimpor ke China dari Brasil dinyatakan positif COVID 19,...

Sayap ayam yang diimpor ke China dari Brasil dinyatakan positif COVID 19, kata pejabat China

Covid
Covid 19

Sayap ayam beku yang diimpor ke China dari Brasil dinyatakan positif terkena virus korona/Covid 19

Sayap ayam beku yang diimpor ke China dari Brasil dinyatakan positif terkena virus korona/Covid 19 , kata pihak berwenang setempat pada Kamis. Sampel diambil dari permukaan sayap dan dinyatakan positif, menjadikannya salah satu impor makanan terbaru yang dites positif terkena virus, menurut Reuters.

Selain sayap beku, yang diimpor ke Shenzhen, kemasan luar udang Ekuador beku yang dijual di Xian juga dinyatakan positif terkena virus pada hari Kamis, Reuters melaporkan, mengutip otoritas setempat.

Pada hari Rabu, jejak virus korona ditemukan pada paket udang beku di provinsi Anhui. Udang itu juga dari Ekuador.

Sementara CDC mengatakan tidak  ada bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi atau menangani makanan terkait dengan COVID-19, China telah meningkatkan pemeriksaan di tengah kekhawatiran atas impor makanan.

Virus corona diperkirakan menyebar sebagian besar dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan, kata CDC. Namun, “ada kemungkinan seseorang bisa tertular COVID-19 dengan menyentuh permukaan atau benda, termasuk makanan atau kemasan makanan, yang mengandung virus di atasnya dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mungkin mata mereka sendiri,” CDC kata.

Ini tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran virus, dan risiko tertular COVID-19 dari makanan dianggap sangat rendah, kata CDC. “Virus yang menyebabkan COVID-19 tidak dapat tumbuh di makanan. Meskipun bakteri dapat tumbuh di makanan, virus membutuhkan inang yang hidup seperti manusia atau hewan untuk berkembang biak,” kata CDC.

CDC merekomendasikan untuk mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air setelah menangani makanan, atau sebelum memasak dan makan makanan.

Namun, semua kontainer daging dan makanan laut yang masuk ke pelabuhan utama di China sedang disaring. Pada bulan Juni, China menangguhkan beberapa impor daging – termasuk dari Brasil, lapor Reuters.

Sebagai tindakan pencegahan, siapa pun yang mungkin bersentuhan dengan produk makanan yang berpotensi terkontaminasi di Shenzhen dilacak dan diuji oleh otoritas kesehatan di sana. Semua hasil negatif, kata kota itu, menurut Reuters.

Pengujian juga dilakukan terhadap mereka yang mungkin bersentuhan dengan udang yang terkontaminasi, serta lingkungan di sekitar pasar lokal, di Xian.

CBS News telah menghubungi kedutaan Brasil dan Ekuador di Beijing untuk memberikan komentar.

Sumber : https://www.cbsnews.com/news/china-covid-19-chicken-wings-brazil/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here