Kepulauan Riau, Gerbang Luar Biasa Indonesia dengan Keajaiban Tersembunyi

Kepulauan Riau atau Kepri (Kepulauan Riau) ditetapkan sebagai provinsi baru pada tahun 2012. Berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Kamboja, Singapura, Brunei Darussalam, dan Vietnam, provinsi ini merupakan titik masuk dan keluar yang populer di Indonesia, terutama dengan Singapura.

Dua pulau utama di provinsi ini adalah Batam dan Bintan, keduanya memiliki keunikan tersendiri. Batam lebih populer dengan atraksi buatannya sementara Bintan mengandalkan pengaturan alamnya yang indah. Sebagai salah satu provinsi terluar di Indonesia, Kepri merupakan pintu gerbang yang bagus bagi wisatawan untuk masuk ke Indonesia.

Ini memiliki pantai yang indah, tempat menyelam yang indah, beberapa pemandangan yang tidak wajar, pusat perbelanjaan yang bagus, kemudahan akses dan banyak lagi. Dalam hal pariwisata, Kepri berjalan cepat dengan percepatan pembangunan dibandingkan dengan banyak tempat di Indonesia. Berikut adalah tempat dan makanan terbaik di kepulauan Riau menurut Dang Merdu:

Nongsa Marina, Gerbang Hebat bagi Pelaut

Pemerintah Indonesia telah menghapus kebijakan Clearance and Approval for Indonesian Territory (CAIT), sehingga memudahkan yacht dan kapal asing masuk ke Indonesia melalui Nongsa. Kapal asing dapat mendaftar dan mendapatkan izin masuk perairan Indonesia secara online.

Demikian pula, keluar dari Indonesia juga mudah di Nongsa. Mereka hanya perlu membuat pemberitahuan 24 jam sebelum waktu yang diinginkan. Prosedur birokrasi di Nongsa dipotong seminimal mungkin untuk memaksimalkan lalu lintas, menjadikannya gerbang besar bagi Indonesia.

Kompleks pariwisata besar di Lagoi

Pantai Lagoi terletak di bagian utara Pulau Bintan. Kawasan indah ini telah dikembangkan menjadi kawasan wisata besar yang terintegrasi. Mereka bahkan membangun laguna buatan terbesar di Asia Tenggara di sana.

Pilihan tempat wisatanya juga banyak. Anda bisa memilih untuk menikmati hari Anda dengan bersantai di pantai atau melakukan olahraga air ekstrim di Bintan Wake Park. Jika Anda punya nyali, Anda bahkan bisa menikmati pemandangan dari atas bersama Air Adventure Flying Club.

Berita Terkait :  Menikmati Sensasi Lekso Advanture di Kabupaten Blitar

Belanja Bebas Bea

Dengan keputusan pemerintah pusat, Batam dan beberapa pulau lain di sekitarnya ditetapkan sebagai zona perdagangan bebas. Artinya setiap barang impor yang masuk ke pulau ini tidak akan dikenakan pajak. Akibatnya, barang-barang impor di Batam lebih murah 10 hingga 15 persen daripada di tempat lain di Indonesia.

Hal tersebut menjadikan Batam sebagai tempat yang menarik untuk berbelanja, terutama barang-barang fashion elektronik dan fashion bermerek kelas atas. Beberapa mall besar telah dibangun untuk mewadahi wisata belanja ini seperti DC Mall, Nagoya Hill, dan Mega Mall.

Danau dan Gurun Luar Biasa di Bintan

Ada pemandangan yang agak aneh di bagian barat Pulau Bintan. Ada gumuk pasir, yang terlihat sangat mirip dengan gumuk pasir di gurun Afrika, kecuali Anda juga dapat melihat vegetasi hijau subur di kejauhan. Penduduk setempat menyebutnya Gurun Busung dan itu sebenarnya bukan gundukan pasir alami.

Gurun Busung merupakan sisa-sisa tambang bauksit di daerah tersebut. Ke selatan, sisa-sisa tambang bauksit lainnya menciptakan danau biru yang indah dengan perbukitan putih yang mengelilinginya.

Lapangan Golf Kelas Dunia di Batam

Sebagai kawasan perdagangan bebas, Batam menarik banyak investasi asing. Akibatnya, ada banyak ekspatriat eksekutif perusahaan yang tinggal di pulau ini. Banyak dari mereka lebih suka berbicara bisnis sambil menikmati permainan golf. Karena itulah banyak sekali lapangan golf yang dibangun di pulau ini.

Beberapa di antaranya adalah Palm Springs Golf & Beach Resort, Tering Bay Golf & Country Club, Southlinks Country Club, Batam Hills Golf Resort, Padang Golf Sukajadi, Indah Puri Golf Resort, dan Tamarin Santana Golf Club.

Berita Terkait :  Desa Ranu Pani, Keeksotisan Segitiga Danau di Kaki Gunung Semeru

Trikora Beach

Di pesisir timur Bintan terdapat hamparan pantai berpasir putih yang diberi nama Pantai Trikora. Pantai ini begitu panjang sehingga mereka harus membaginya menjadi empat bagian. Bagian paling populer adalah Pantai Trikora Empat, bagian paling utara.

Daerah ini belum sepenuhnya berkembang dan banyak bagian yang masih belum tersentuh. Selain menikmati pantai, Anda juga bisa bermain selancar layang-layang di perairan terdekat. Anda juga dapat melihat bagaimana penduduk setempat menangkap ikan menggunakan kelong.

Festival Bahari Kepri

Festival ini bertujuan untuk menampilkan seluruh potensi wisata yang ada di Kepulauan Riau. Ada banyak event, kompetisi, dan gathering untuk menghubungkan seluruh pemangku kepentingan pariwisata Kepri. Sebagai permulaan, ada banyak tarian tradisional yang ditampilkan di sini.

Yachters dari Asia berkumpul di sini untuk menikmati perayaan, sementara fotografer dari Asia Tenggara berduyun-duyun ke Kepri untuk berburu gambar yang luar biasa. Acara yang paling meriah mungkin adalah lomba Jong (perahu kecil). Hampir seribu peserta dari daerah berusaha menjadi yang terbaik dalam perlombaan tiga hari ini.

Mie Lendir

Secara harfiah berarti mie berlendir, nama mie lendir memang kurang menggugah selera dibandingkan kebanyakan masakan. Namun, bagian yang berlendir justru berasal dari kuah yang sangat kental dari hidangan ini, yang terbuat dari kacang tanah dan ubi jalar. Mie lendir biasanya disajikan dengan telur rebus, tauge, bawang merah goreng, dan cabai rawit. Mile lendir biasanya dijual di warung.

Tempat terbaik untuk menikmati mie lendir:

  • Mie Tarempa Sungai Panas – Komp. Graha mas Blok J No. 10-11 Sei Panas, Sungai Panas, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.
  • Kedai Kopi Harum Manis – BLOK F No 10, Jl. Komp. Bumi Indah, Lubuk Baja Kota, Lubuk Baja, Batam City, Riau Islands.
  • Kedai Kopi Bahagia – Jl. Imam Bonjol-Nagoya Blok 4 No.50, Lubuk Baja Kota, Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.
Berita Terkait :  Negara Paling Aman Bagi Para Wisatawan

Mie Tarempa

Mie Tarempa adalah mie goreng pedas dari Pulau Tarempa, Kabupaten Anambas. Mie buatan tangan dengan tepung dan telur. Kemudian direbus hingga empuk lalu digoreng dengan bumbu spesial yang memberikan cita rasa pedas dan gurih yang khas. Hari ini, Anda bisa memesan Mie Tarempa kering, dengan sedikit kuah, atau bahkan ‘basah’ dengan kuah yang banyak.

Tempat Terbaik untuk Menikmati Mie Tarempa:

  • RM Mie Tarempa – Jl. D.I panjaitan KM 7, Melayu Kota Piring, Tanjungpinang Timur, Melayu Kota Piring, Tanjungpinang Tim., Kota Tanjung Pinang.
  • Mie Tarempa Berkat Tiban – Kompleks Stevonica Ruko No. 6 – 7, Patam Lestari, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.
  • Mie Tarempa Batam Centre – Ruko Royal Sincom Blok D No. 15 – 16, Teluk Tering, Tlk. Tering, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Luti Gendang

Luti Gendang adalah kue kering dari Pulau Tarempa. Dalam bahasa Melayu, Luti berarti roti. Namun, roti berbentuk oval ini lebih renyah dan gurih daripada manis. Luti Gendang biasanya diisi dengan abon ikan (biasanya tuna) yang sangat empuk. Jajanan ini biasanya dijual di warung kopi dan tempat makan lainnya di seluruh Kepulauan Riau karena sangat sedikit tempat yang mengkhususkan diri pada hidangan ini saja.

Tempat Terbaik di Luti Gendang:

  • Luti Gendang – Panbil Mall Food Street Lantai Dasar No. 8, Kabil, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau
  • Mie Tarempa Sungai Panas – Komp. Graha mas Blok J No. 10-11 Sei Panas, Sungai Panas, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau
  • Anambas Kopitiam – Jl. Laksamana Bintan No.1, Sungai Panas, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau

Related posts