Berikut Makna Dari Mengamalkan Rukun Iman

Sebagai seorang Muslim, tentu saja kita semua sudah tahu bahwa Rukun Iman itu ada 6. Pertama iman kepada Allah SWT, iman kepada Malaikat, iman kepada kitab Allah, iman kepada Nabi serta Rasul, iman kepada hari kiamat, dan iman kepada Qadha dan Qadar.

Namun perlu diingat, bahwa rukun Iman tidak hanya sekedar untuk dihafal saja melainkan juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Read More

Hal itu bukan tanpa alasan, karena terdapat makna yang akan kita dapatkan dari mengamalkan rukun iman tersebut.

Lantas, seperti apakah makna dari mengamalkan rukun iman? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Makna Beriman Kepada Allah SWT

Meski wujudnya tidak terlihat, namun kita wajib meyakini akan kebesaran dan keberadaan Allah SWT. Selain itu, kita juga wajib meyakini bahwa tidak ada lagi Tuhan kecuali Allah semata.

Berita Terkait :  DPR minta Erick Thohir pakai parameter saat rombak pimpinan BUMN

Dengan meyakini bahwa Allah SWT satu-satunya Tuhan alam semesta, maka kita akan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang mengandung unsur syirik. Selain itu, kita juga akan senantiasa menuruti apa yang diperintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

  1. Makna Beriman Kepada Malaikat

Allah SWT menciptakan malaikat dengan wujud dan sifatnya yang berbeda dari manusia. Dari segi ukuran, malaikat memiliki ukuran yang jauh lebih besar ketimbang manusia.

Meski demkian, malaikat tidak pernah menyombongkan diri dan selalu tunduk terhadap perintah Allah SWT. Oleh karena itu, makna dari meyakini keberadaan malaikat bahwa kita harus meniru sifatnya, yaitu jangan sombong dan selalu mentaati perintah Allah.

  1. Makna Beriman Kepada Kitab Allah

Sebenarnya kita dianjurkan untuk meyakini kitab-kitab yang pernah diturunkan oleh Allah SWT, seperti Zabur, Taurat, Injil, dan Al Quran.

Berita Terkait :  LaNyalla lantik Dailami Firdaus anggota PAW DPD RI

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, tentu saja kitab Al Quran-lah yang menjadi pedoman dan dasar dalam menjalani hidup. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Al Quran merupakan penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan oleh Allah SWT.

Dengan mengamalkan semua isi di dalam kitab Al Quran, maka dijamin hidup seseorang akan senantiasa berada di jalan Allah.

  1. Makna Beriman Kepada Nabi dan Rasul

Perlu diketahui bahwa setiap Rasul sudah pasti Nabi, namun belum tentu semua Nabi itu adalah Rasul. Ada 25 Nabi dan Rasul yang namanya wajib diketahui oleh setiap Muslim.

Pasalnya, ke-25 Nabi dan Rasul tersebut merupakan orang-orang pilihan Allah yang diberikan tugas khusus untuk membawa umat manusia ke jalan-Nya.

Membaca sholawat setelah menunaikan sholat menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW di akherat kelak.

Berita Terkait :  Pekan depan, PDI-P Surabaya Daftarkan Risma Jadi Calon Gubernur Jatim

Selain itu, kita juga harus meneladani sifat baik yang dimiliki oleh ke-25 Nabi dan Rasul dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

  1. Makna Beriman Kepada Hari Kiamat

Tidak ada satu pun manusia yang mengetahui kapan terjadinya kiamat Qubra (kiamat besar), termasuk Nabi Muhammad SAW.

Akan tetapi, kita sebagai Muslim harus yakin dan percaya bahwa hari kiamat merupakan sesuatu yang pasti terjadi. Dengan mengimani hari kiamat, tentunya membuat kita yakin bahwa hidup didunia itu hanya sementara.

  1. Makna Beriman Kepada Qadha dan Qadar

Kita harus yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi itu atas kehendak Allah, entah kejadian baik maupun kejadian buruk. Maka dari itu, kita harus senantiasa berprasangka baik kepada Allah SWT dalam kondisi apapun.

Nah, itulah makna dari mengimani rukun iman dalam ajaran agama Islam

Related posts