Pengadilan Resmi Putuskan Tomat Tergolong Sayuran

BABAT POST – Berakhir sudah perdebatan panjang mengenai Tomat itu sayuran atau buah? Perdebatan ini kini berakhir. Pengadilan di Amerika telah menetapkan tomat tergolong kelompok sayuran.

Ditinjau dari sudut pandang botani atau ilmu tentang tumbuhan, tomat termasuk buah karena mengandung biji. Bukan sayuran yang merujuk pada bagian lain dari tanaman seperti batang, daun, akar dan kuncup bunga.

Begitu juga secara kuliner dimana sayuran biasanya disajikan dalam hidangan gurih. Sementara buah diolah jadi dessert, camilan atau minuman. Dilihat dari prinsip ini, tomatpun lebih cocok ke golongan sayur karena biasa ditambahkan dalam hidangan gurih.

Berita Terkait :  Ke Jogja, Kunjungi Tempat-tempat Ini - Bagian 1

Perdebatan soal tomat juga muncul di pengadilan Mahkamah Agung Amerika. Pihaknya mempertanyakan apakah tomat tergolong buah atau sayur. Pertanyaan ini muncul usai importir buah berargumen soal status tomat.

Saat tomat digolongkan sebagai buah, tomat dikenakan pajak impor sebesar 10%. Merekapun protes atas hal ini. Pada akhirnya pengadilan memutuskan tomat tergolong sayuran dengan penerapan pajak mengikuti aturan.

Keputusan ini juga melihat penggunaan tomat selama ini dalam bidang kuliner. Tomat dipakai lebih banyak seperti sayuran di salad, sup dan sandwich. Bukan layaknya buah yang ada di cake, es krim maupun dessert

Berita Terkait :  Masakan Padang, Makanan Favorit Di Acara Festival Asean Plus
Comments
Memuat...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More