Bukan Parasetamol Tapi Etilen Glikol yang Tak Aman Kata Wamenkes Dante

Wamenkes Dante

babatpost.com – Maraknya berita tentang bahaya mengkonsumsi Parasetamol bagi anak-anak mendapatkan perhatian khusus dari Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono meluruskan pemahaman kepada masyarakat tentang hal tersebut.

Dante menerangkan bahwa parasetamol sebenarnya aman. Yang menjadi tidak aman adalah kandungan Etilen Glikol (EG) yang bila berada di dalam parasetamol.

Bila terdapat kandungan Etilen Glikol pada parasetamol itu menjadi kekhawatiran tersendiri.

“Parasetamol tetap aman. Bukan parasetamol yang tidak aman, tetapi ada parasetamol yang mengandung Etilen Glikol,” terang Dante di sela-sela acara ‘Hospital Expo di PERSI’ di Jakarta Convention Center pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Berita Terkait :  Ternyata banyak minum air putih membantu para wanita cepat orgasme

Sebagaimana informasi Center for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat (AS), Etilen Glikol adalah zat beracun yang biasa ditemukan dalam berbagai produk rumah tangga dan industri. Bentuk Etilen Glikol, yakni seperti sirup, tidak berwarna, dan memiliki rasa manis.

Etilen Glikol biasanya digunakan sebagai cairan rem hidrolik, tinta dalam bantalan stempel, pulpen, cat, plastik, film, dan kosmetik. Namun, bahaya etilen glikol yang tidak sengaja tertelan adalah bisa terurai menjadi senyawa beracun dalam tubuh.

Berita Terkait :  8 Gangguan Pencernaan Wajib Dihindari

Bahaya Etilen Glikol pada tubuh yakni dapat memengaruhi sistem saraf pusat, kemudian jantung, dan ginjal.

Selain Etilen Glikol, ada juga Dietilen Glikol dalam obat. Dietilen Glikol adalah cairan yang tidak berwarna, praktis tidak berbau, beracun, dan higroskopis dengan rasa yang manis. Senyawa ini dapat bercampur dalam air, alkohol, eter, aseton, dan etilena glikol.

Dietilen Glikol banyak digunakan dalam produk plastik, tinta untuk percetakan, perekat untuk serat, minyak rem, plasticizer, media pemanas lantai, agen pelembut untuk selofan, campuran semen, pendingin, dan agen untuk dekomposisi semen klinker.

Related posts