Presiden Jokowi Ingin Bangun Budaya Kerja Baru yang Produktif di IKN

Presiden Jokowi

babatpost.com – Presiden Jokowi ingin membuat budaya kerja baru di Ibu Kota Nusantara nantinya. Nantinya, kata dia, pelayanan masyarakat di IKN hanya akan melalui aplikasi sehingga mengurangi penggunaan kertas (paper less).

“Budaya yang ingin dibangun adalah budaya kerja produktif. Layanan masyarakat lewat aplikasi, akte lahir, akte nikah, paper less,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan utama tentang Ibu Kota Nusantara: Sejarah Baru Peradaban Baru di Djakarta Theater Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Read More
Berita Terkait :  Presiden Jokowi Terpaksa Batalkan Puasa Didalam Mobil

Dia menyebut pembangunan IKN hanya bisa terwujud apabila dilakukan bersama-sama, tak hanya pemerintah. Pasalnya, hanya 20 persen anggaran dari APBN yang disiapkan pemerintah untuk pembangunan IKN.

Sementara itu, 80 persen akan diserahkan kepada para investor. Oleh sebab itu, Jokowi menekankan pemerintah membuka investasi sebesar-besarnya untuk para investor yang ingin terlibat dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

“Investasi terbuka lebar, mau dimana, di sebelah mana, di kawasan inti ya harganya beda, finansial center, healthcare center, education center, silahkan. Saya sampaikan ini kesempatan pertama dan kesempatan emas yang tidak terulang lagi,” jelasnya.

Berita Terkait :  Tanggung jawab wakil rakyat perjuangkan masyarakat di dapil

Menurut Jokowi, Indonesia sulit menjadi negara maju apabila tak melakukan transformasi besar. Pemindahan IKN merupakan salah satu agenda besar yang sedang dikerjakan pemerintah.

“Ini saatnya mencatat sejarah indonesia dan melakukan lompatan untuk menjadi pelaku sejarah Indonesia Masa depan,” ucap dia.

“Dan dengan upaya kita bersama dengan semangat gotong royong saya yakin 17 Agus 2024 kita bisa merayakan bersama-sama di Nusantara,” sambung Jokowi.

Hafal Jenis Semua Pohon di IKN

Sementara, Jokowi mengaku hafal semua jenis pohon yang berada di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Dia hafal jenis-jenis pohon karena adalah lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan kehutanan.

Berita Terkait :  Presiden kunjungan kerja ke Bali dan Sulawesi Tenggara

“Supaya bapak ibu ingat saya dari kehutanan saya waktu menerangkan di persemaian di Kalimantan dari A sampai Z ini pohon apa ini pohon apa saya hafal semua dan 80 persen sumber energinya adalah berasal dari renewable energi,” kata dia.

Jokowi menyebut, kendaraan di IKN harus mobil listrik. Kemudian, 80 persen tranportasinya adalah transportasi umum autonomus vehicle.

“Tanpa awak media, tanpa supir jadi yang kita hargai disana adalah pejalan kaki yang kita hargai disana adalah orang yang senang naik sepeda, ten minute city, jarak tempuh kemana-mana itu ada dalam 10 menit,” ungkapnya.

Related posts